Setara dengan Ikan Salmon, Kembung dan Lele maupun Teri Baik untuk Anak

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Selalu ada alternatif bagi suatu yang sulit diraih, misalnya mahal. Nah, cobalah memberikan ikan kembung atau lele atau teri untuk anak jika tidak mampu membeli ikan salmon.

Pasalnya, baik kembung atau lele atau teri itu memiliki nutrisi yang setara dengan ikan salmon. Apalagi, ketiga jenis ikan itu relatif gampang didapat.

Artinya, ketika sulit mendapatkan ikan salmon karena mahal atau stoknya kurang, maka pakailah ketiga ikan tadi. Kembung, lele, dan teri adalah ikan yang familiar bukan?

Melansir ibudanbalita.com, Jumat (15/12/2023), banyak jenis ikan lain yang terjangkau dan punya nutrisi yang sama seperti ikan salmon. Dan, kandungan ikan setara salmon ini juga punya peran baik bagi kesehatan anak.

Sebagai informasi, setiap ikan punya kandungan asam lemak yang baik. Selain asam lemak omega-3, beberapa ikan setara salmon juga mengandung asam lemak omega 6 yang tidak dapat diproduksi secara alami di tubuh.

Selain itu, komponen ini juga akan membuat otot lebih peka untuk merespons hormon insulin. Tidak hanya dapat menjaga kesehatan tubuh, asam lemak yang dikandung oleh ikan setara salmon juga meningkatkan fungsi otak secara optimal.

Hampir seluruh jenis ikan, termasuk ikan setara salmon punya kandungan protein yang tinggi. Dengan kadar protein yang tinggi dinilai membantu kemampuan tubuh dalam memproduksi sel baru.

Dalam aktivitas sehari-hari di masa tumbuh kembang anak, sel di dalam tubuh terus melakukan regenerasi agar mengoptimalisasi pertumbuhan secara lebih baik.

Untuk itu, kandungan protein yang ditemukan di dalam hidangan olahan ikan setara salmon punya peran penting dalam memperbaiki sel tubuh yang rusak.

Protein yang dikandung oleh ikan setara salmon juga bisa jadi sumber energi penting untuk bantu aktivitas anak. Selain bahwa selain karbohidrat dan lemak, protein juga termasuk sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Karena itu, dalam melancarkan kinerja tubuh, penting untuk memperkenalkan makanan tinggi protein kepada si kecil. Selain mengangkut zat gizi, ada juga protein yang menyimpan zat gizi seperti ferritin.

Nah, berikut tiga jenis ikan yang setera dengan ikan salmon:

  1. Ikan kembung
    Ikan kembung dinilai kaya akan kandungan DHA dan Omega 3. Satu ons ikan kembung sebagai alternatif ikan setara salmon ini mengandung sekitar 2,6 gram Omega 3.

Bagi anak usia di bawah 6 tahun direkomendasikan mengonsumsi ikan kembung sebanyak 3-5 ons per minggu.

  1. Ikan lele
    Ikan air tawar ini kaya akan kandungan protein dan fosfor. Kedua kandungan tersebut dinilai jadi kandungan yang penting untuk tumbuh kembang anak.

Disarankan mengonsumsi ikan lele sebanyak dua kali seminggu. Hal ini diperlukan agar anak bisa mendapatkan asupan nutrisi yang optimal dari ikan setara salmon ini.

  1. Ikan teri
    Iikan teri kaya akan kalsium. Konsumsi kalsium juga dibutuhkan tidak hanya untuk anak, tapi juga bagi ibu di saat hamil. Perlu dipahami bahwa janin mengambil asupan kalsium ibu untuk berkembang.

Dalam 100 gr ikan teri terdapat 500-972 mg Kalsium. Kadar tersebut dinilai cukup untuk melengkapi kebutuhan kalsium anak dengan kisaran 700-1000 mg kalsium setiap harinya.

Demikian soal kembung, lele, dan teri yang nilai nutrisinya dianggap setara dengan ikan salmon, angat baik untuk anak. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment