KPU Kalbar Ajak Milenial dan Gen-Z Sukseskan Pemilu 2024

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - KPU Kalbar ajak generasi milenial dan gen-z ikut menyukseskan Pemilu, dengan berpartisipasi aktif memberikan hak pilihnya pada 14 Februari 2024.

Milenial dan gen-z menjadi penentu peningkatan partisipasi pemilih di Pemilu 2024. Pasalnya, berdasarkan jumlah DPT Kabar, terjadi kenaikan pemilih pemula sebanyak 30 persen di banding Pemilu lima tahun lalu. Pemilih pemula ini adalah gen-z.

"Bertambahnya jumlah pemilih tersebut didominasi Gen-Z. Karena itu mereka sangat berpengaruh di Pemilu 2024 ini," kata Ketua KPU Kalbar, Muhammad Syarifuddin, Kamis (14/12/2023).

Di sisi lain, milenial dan gen-z juga diminta bijak bermedia sosial di tahun-tahun politik. Jangan sampai, termakan isu yang dapat mengundang kegaduhan, dan menyebarkan konten yang berpotensi memecah belah.

"Sebagai pengguna media sosial, tentunya Gen-Z ini jangan sampai membuat kericuhan dengan berbagai postingan atau statment," pesan Syarifuddin.

Sementara itu, Akademisi Fisip Untan Jumadi menegaskan, untuk mewujudkan Pemilu yang damai, memang perlu keterlibatan semua pihak. Generasi muda diharap menjadi pelopor dalam mengawal Pemilu yang berintegritas.

"Harus adanya partisipasi baik menjadi pemilih, atau partisipasi dalam pengawasan Pemilu. Masyarakat yang sudah makin dewasa diharapkan tentu tidak mudah untuk diprovokasi," pesannya. (ayu)***

Leave a comment