Rawat Muka dengan Sabun Wajah, Sesuaikan dengan Jenis Kulit

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Sabun wajah adalah 'senjata' paling sederhana untuk merawat muka. Meski begitu jangan sembarangan, idealnya sabun wajah sesuai dengan jenis kulit.

Jadi jangan muka dengan jenis kulit kering memakai sabun wajah untuk kulit berminyak, Bisa tidak maksimal atau malah bisa menambah runyam.

Artinya, agar pemakaian sabun wajah berdampak baik bagi kesehatan muka, maka sudah sepatutnya Anda memperhatikan jenis kulit sebelum pemakaian.

Memang, seperti melansir hellosehat.com, Kamis (14/12/2023), terdapat banyak sekali produk pembersih wajah di pasaran dengan kandungan dan keunggulan yang berbeda-beda.

Dan, setiap produk diformulasikan untuk jenis kulit tertentu sehingga efeknya pun bisa beragam. Sabun yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan wajah Anda akan memberikan hasil yang baik.

Sebaliknya, produk yang tidak cocok dengan kulit Anda justru dapat memperparah masalah kulit yang sudah ada. Nah, berikut cara memilih sabun wajah berdasarkan jenis kulit:

  1. Kulit normal
    Orang yang jenis kulit wajahnya termasuk normal biasanya dapat memakai sebagian besar produk sabun wajah tanpa mengalami reaksi negatif.

Namun, disarankan memilih sabun cuci muka yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai atau masalah yang sedang dihadapi saat itu. Misalnya jika ingin mencerahkan wajah, pilihlah sabun yang mengandung alpha-hydroxy acid (AHA).

Sebagai acuan umum, sabun cuci muka yang bagus untuk jenis kulit normal adalah yang kandungannya ringan. Pilihlah yang setidaknya dapat menghilangkan kotoran di kulit, tapi tidak tidak menghasilkan banyak busa.

  1. Kulit berminyak
    American Academy of Dermatology menyarankan untuk memilih sabun wajah yang diberi label nonkomedogenik dan bebas minyak. Ini berarti sabun wajah Anda berkemungkinan kecil menyumbat pori.

Pilihlah sabun dengan eksfoliator seperti AHA atau asam salisilat. Eksfoliator akan membantu mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam.

Bentuk sabun yang sesuai untuk Anda adalah krim dan gel. Hindari pembersih wajah mengandung minyak yang bisa menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan masalah baru seperti komedo dan jerawat.

  1. Kulit kering
    Produk sabun cuci muka yang diperuntukkan bagi pemilik kulit kering biasanya telah dilengkapi dengan bahan pelembap. Pelembap dapat berupa hyaluronic acid, gliserin, ceramides, atau berasal dari bahan alami.

Pilihlah pembersih wajah berbentuk krim atau micellar. Pasalnya, kedua bahan ini mampu membersihkan kulit dengan lembut sekaligus mengangkat kotoran pada wajah tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit.

Anda sebaiknya menghindari kandungan isopropyl alcohol, tetapi Anda masih boleh memakai produk mengandung cetyl dan stearyl alcohol asalkan tidak terlalu sering.

  1. Kulit kombinasi
    Sabun pembersih muka untuk kulit kombinasi sebaiknya bersifat nonkomedogenik. Ini karena masalah kulit kombinasi biasanya adalah pori-pori tersumbat dan komedo, terutama pada T-zone yang terdiri dari dahi, hidung, dan dagu.

Langkah selanjutnya adalah memilih pembersih muka dengan bahan aktif yang ringan. Jangan sampai Anda memilih sabun dengan bahan aktif tertentu cukup tinggi karena hal ini bisa memperburuk salah satu masalah pada kulit.

Anda bebas memilih sabun muka dalam bentuk gel, krim, dan lain-lain. Akan tetapi, hentikan penggunaan bila produk justru membuat bagian wajah selain T-zone semakin kering, berjerawat, atau menunjukkan tanda-tanda iritasi.

  1. Kulit sensitif
    Pemilik kulit wajah sensitif membutuhkan sabun berbahan lembut. Sabun lembut yang dimaksud adalah yang mengandung minim bahan kimia keras. Ciri utamanya menghasilkan sedikit busa atau tidak sama sekali.

Ada banyak bahan dalam sabun yang dapat berdampak buruk bagi kulit sensitif. Anda bisa memilih sabun muka dengan bahan kurang dari sepuluh. Semakin banyak formula dalam sabun, semakin besar risiko iritasi.

Anda sebaiknya juga menghindari sabun mengandung bahan-bahan eksfoliator yang dapat mengangkat sel kulit mati (proses eksfoliasi). Produk ini termasuk apa pun yang mengklaim bisa mencerahkan atau memiliki bahan aktif, seperti asam glikolat.

Demikian soal sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment