Mengenal Anjing Pudel, Hewan Pintar yang Berumur Panjang

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Anda suka dengan hewan peliharaan? Cobalah anjing pudel, bintang ini pintar dan usianya relatif lebih panjang dibanding yang lainnya.

Ya, hewan pintar ini bisa berusia hingga 18 tahun. Jadi, jika disandingkan dengan umur manusia yakni dikali 4, maka dia bisa berumur 72 tahun.

Selain itu, karena pintar, anjing pudel cenderung paling gampang dilatih. Artinya, hewan ini bisa menjadi teman yang baik bagi manusia.

Melansir anjingdijual.com, Kais (14/12/2023), sejatinya ada tiga jenis anjing pudel. Yakni anjing pudel standar, miniature, dan toy.

Anjing ini memiliki ciri mata berbentuk oval berwarna hitam atau cokelat. Telinganya panjang dan menggantung dekat dengan kepala, moncongnya panjang dan lurus, serta kakinya oval agak kecil dan jarinya melengkung.

Selain itu ekornya biasa diatur dan dibuat tinggi, pun bulunya keriting dan memiliki beberapa macam warna seperti hitam, biru, merah, krem, putih, apricot, abu-abu, cokelat, atau parti-colour.

Anjing Pudel adalah anjing yang cerdas, sangat responsive, ceria, menyenangkan dan dikatakan sebagai salah satu jenis anjing yang paling mudah dilatih.

Anjing pudel suka bersama manusia dan bisa bersosialisasi dengan baik termasuk dengan binatang dan anjing lainnya. Mereka juga adalah anjing penjaga yang sangat baik untuk ukurannya.

Merunut sejarah, anjing pudel telah dikenal di Eropa selama kurang lebih 400 tahun dan digambarkan dalam lukisan abad ke-15 dan ada patung pahatannya dari abad ke-1.

Memang masih menjadi kontroversi di mana sebenarnya anjing pudel pertama kali dibiakkan dan tidak ada yang tahu asal negara dari anjing tersebut. Perancis mengklaim sebagai negara asal, namun ada yang mengatakan dari Jerman.

Ada juga klaim yang muncul dari Denmark atau dari jenis anjing piedmont kuno. Yang pasti anjing pudel adalah keturunan dari “French water dog”, “Barbet”, dan mungkin dari “Hungarian water hound” yang semuanya telah punah saat ini.

Nama anjing pudel kemungkinan besar berasal dari bahasa Jerman “Pudel” yang berarti “yang bermain dalam air”. Ya, potongan bulu didesain oleh pemburu untuk membantu anjing pudel agar dapat berenang lebih efisien.

Mereka akan menyisakan bulu pada persendian kaki untuk melindungi anjing pudel dari alang-alang yang sangat dingin dan tajam. Pemburu di Jerman dan Perancis menggunakan anjing pudel sebagai “gun dog”.

Pudel standar adalah ras tertua. Pemburu menggunakan anjing ini untuk mengambil unggas air (khususnya bebek), serta menjadi hewan peliharaan yang penyayang dan setia.

Meskipun pudel standar digunakan untuk berburu bebek, anjing ini juga digunakan untuk mencari truffle (jamur) dan pudel mini digunakan di sirkus.

Orang Perancis pertama kali menggunakan anjing pudel sebagai anjing sirkus karena kecerdasan yang tinggi dan mudah dilatih. Jenis anjing ini menjadi sangat populer di Perancis dan menyebabkan muncul nama “ French Poodle”.

Jenis anjing pudel toy dan miniature dibiakkan dari anjing pudel yang lebih besar, yang saat ini dikenal sebagai pudel standar. Pada abad ke-18 anjing poodle dengan ukuran lebih kecil menjadi populer di kalangan orang kerajaan.

Dan, American Kennel Club mengakui ras ini pada 1887 dan masih menjadi salah satu ras anjing paling populer di Amerika Serikat hingga saat ini.

Yang jelas, anjing pudel adalah anjing aktif yang membutuhkan aktivitas berjalan setiap hari. Dan anjing pudel haru dimandikan secara teratur dan dipotong bulunya setiap 6 sampai 8 minggu.

Sebagai informasi, anjing pudel ini memiliki tingkat kerontokan bulu yang rendah sehingga sangat cocok untuk penderita alergi.

Demikian soal anjing pudel, hewan pintar yang sudah sangat lama membantu dan menjadi teman manusia. (Adelina). ***

Leave a comment