Tahun Politik, Dewan Sanggau Krismono Ingatkan Masyarakat Waspada Isu Hoaks Provokasi di Medsos

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com – Anggota DPRD Kabupaten Sanggau, Yuvenalis Krismono ingatkan masyarakat agar waspada isu provokasi di medsos, seiring masuknya tahun politik.

Karena itu, ia mendorong masyarakat meningkatkan literasi media. Supaya tak mudah terpancing isu-isu yang bersifat memecah belah.

“Kalau kita temukan judul-judul informasi provokatif di Medsos, maka kita perlu waspada,” pesan Krismono, Sabtu (7/1/2023).

Kewaspadaan yang bisa dilakukan yaitu, jangan sampai terhasut, dengan informasi yang belum tentu kebenarannya.

Selanjutnya, masyarakat juga mesti mebiasakan melakukan verifikasi informasi di media arus utama atau mainstream, jika menemukan informasi yang mengarah memecah belah.

“Lebih baik kita cek dulu kebenaran informasinya, jangan langsung ikut menyebarkannya,” kata Wakil Ketua Komisi II DPRD Sanggau ini.

Karena itu, ia mengajak masyarakat cerdas memilih informsasi. Dan yang paling penting harus bijak dalam menggunakan media sosial.

Komisioner Bawaslu RI, Herwyn JH Malonda memperkirakan, puncak penyebaran hoaks di media sosial akan terjadi di bulan Februari 2024.

Perkiraan itu berkaca pada fenomena Pemilu 2019, di manan puncak hoaks terjadi pada April menjelang tahapan pemungutan suara.

Karena itu, pengalaman ini harus diantisipasi bersama. Sebab, dampak hoaks mengakibatkan polarisasi di tengah masyarakat, hingga membuat ketidakpercayaan pada penyelenggara Pemilu. ***

Leave a comment