3 Tips Ambil Alih Akun Facebook yang Diretas: Keamanan Berlapis

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Pembobolan pada akun media sosial FB pastinya cukup berbahaya. Namun, kamu dapat mengatasinya dengan 3 tips ambil alih akun Facebook yang diretas oleh orang tak bertanggung jawab.

Melalui pembahasan 3 tips ambil alih akun Facebook yang diretas ini, kamu akan dianjurkan pula supaya memberi keamanan ganda. Dengan demikian, tidak ada lagi percobaan pembobolan yang dapat terjadi.

Selain itu, uraian mengenai 3 tips ambil alih akun Facebook yang diretas dan akan dibagikan ini cukup mudah dilakukan. Dengan syarat, kamu harus benar-benar mengikuti panduannya dengan benar.

Sudah menjadi berita yang familiar di telinga masyarakat, bahwasanya peretas akan Facebook kerap terjadi di dunia maya. Akibat dari insiden ini, pengguna akan dirugikan ketika hacker menggunakan akun dengan cara yang salah.

Tak heran pula, kebocoran informasi dan data pribadi pengguna bisa saja melalui peretasan dari akun Facebook. Oleh karena itu, kamu pun perlu mengetahui kumpulan cara agar dapat memperkuat keamanan medsos.

Di antara beberapa tips memperkuat akun ini, salah satunya rutin menggonta-ganti password pada FB. Pastikan pula, karakter kata sandi terdiri dari beberapa deret angka, karakter unik, dan tanda baca supaya lebih kuat.

Supaya dapat mengetahui kemampuan 3 tips ambil alih akun Facebook yang diretas dengan gamblang. Simak uraian di bawah ini:

  1. Ganti Password.

Peretasan yang tidak bersifat fatal, memungkinkan pemilik akun masih memiliki akses. Ketika sudah login, pastikan kata sandi pada Facebook dirubah dengan karakter yang unik dan sulit ditebak.

Untuk mengakses layanan tersebut, kamu dapat mengklik menu 'Setting'. Geser layar ke bawah, hingga menemukan fitur 'Privacy'.

Pada opsi ubah password, segera masukkan kata sandi yang beragam sebagaimana disinggung di atas. Hal ini penting untuk dilakukan, agar penumpang gelap pada akun tidak dapat memiliki akses lagi.

Bila ternyata tidak mampu login, caranya cukup mudah. Bukalah Facebook, di halaman pertama klik 'Lupa Password' agar pihak Facebook mengirim ulang kata kunci melalui Gmail.

Setelah berhasil masuk, segeralah ganti password dengan ragam kata yang tidak mudah ditebak oleh orang lain.

  1. Periksa Riwayat Aktivitas Akun.

Berikutnya, cara kedua ini sebenarnya untuk mengetahui apakah sebuah akun berhasil diretas atau tidak. Untuk mendapatkan informasi tersebut, segeralah periksa riwayat aktivitas akun Facebook.

Pengguna bisa mengetahui hal tersebut di 'Pengaturan'. Kemudian, klik 'Settings dan Privasi" dan pilih menu 'Log Aktivitas'.

Bila informasi yang didapat ternyata berisi data yang mencurigakan. Segeralah laporkan ke Facebook, seperti pada cara ketiga.

  1. Laporkan Akun.

ips selanjutnya bisa dilakukan melalui pelaporan akun. Langkah ini dikerjakan, ketika kamu sudah benar-benar merasa yakin bahwa akun Facebook telah diretas.

Bila sudah dilaporkan dan mendapat pemberitahuan, pihak Facebook pun akan mendapat hacker tersebut. Dengan demikian, akses akan dilimpahkan kembali kepada pemilik yang asli.

Untuk melaporkan sebuah akun Facebook yang sudah diretas ini, kamu harus mengikuti tutorial di bawah ini:

  • Klik menu pada garis tiga di bagian atas sebelah kanan.
  • Pilih opsi 'Bantuan dan Dukungan'.
  • Klik 'Pusat Bantuan'.
  • Ketik kalimat 'Akun Diretas' pada kolom pencarian.
  • Klik opsi tulisan yang bernada 'Sepertinya akun Facebook saya telah diretas atau diambil alih oleh orang lain'.
  • Klik pilihan 'Memulihkan akun jika Anda merasa akun Facebook Anda diretas'.

Demikianlah pembahasan mengenai 3 tips mengambil alih akun Facebook yang diretas. Semoga berhasil! (Dzikrullah) ***

Leave a comment