Trik Khusus Buat Daftar Pustaka Otomatis di Ms Word: Tak Perlu Bingung Lagi dan Buang Waktu

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Pembuatan rujukan referensi pada karya tulis ilmiah sangat penting. Untuk memudahkannya, kamu perlu tahu trik khusus buat daftar pustaka otomatis di Ms Word.

Melalui trik khusus buat daftar pustaka otomatis di Ms Word ini, kamu tidak perlu bingung bagaimana cara meletakkan awal, tengah, dan akhir dari seorang pengarang buku. Sebab, aplikasi kantoran ini sudah bisa memilah dengan sendirinya.

Terlebih lagi, trik khusus buat daftar pustaka otomatis di Ms Word ini mudah dilakukan untuk pengguna pemula. Sehingga, akan banyak waktu yang tidak terbuang sia-sia memikirkan posisi tepat saat mencantumkan kumpulan rujukan dari berbagai buku.

Benar sekali, Ms Word ini tidak hanya berfungsi bagi karyawan kantoran saja. Hal ini dibuktikan langsung dengan berbagai fitur unik untuk memudahkan mahasiswa yang sedang menggarap skripsi atau makalah.

Terlebih lagi ketika sudah sampai di bagian akhir karya tulis ilmiah. Tepatnya pada sub bab daftar pustaka, yang mana memiliki rumus tersendiri untuk mencantumkan deretan daftar buku sebagai penunjang referensi.

Dengan bantuan fitur Ms Word yang akan dibahas kali ini, kamu pun langsung bisa memahami cara menuliskan posisi nama pengarang, penerbit, kota penerbit, dan tahun terbitan dari sebuah sumber.

Sebagai langkah pertama, kamu pun diwajibkan untuk mengubah bahasa sistem yang berada di Ms Word menjadi bahasa Indonesia terlebih dahulu. Baru setelah itu, kamu bisa membuat list dari daftar pustaka.

Karena cukup penting untuk dibedah, kamu perlu mengetahui trik khusus membuat daftar pustaka secara otomatis di Ms Word ini.

Agar tidak membuang waktu terlalu banyak, berikut ini langkah-langkah mengenai tutorial pembuatan daftar pustaka di Ms Word:

  1. Bukalah dokumen makalah atau skripsi yang hendak dibubuhkan daftar pustaka.
  2. Buatlah halaman khusus untuk daftar pustaka di bagian akhir karya tulis ilmiah.
  3. Klik 'References' pada menu bar.
  4. Selanjutnya, pilihlah opsi 'Source Manager'.
  5. Klik pilihan 'New' pada beberapa opsi yang disediakan.
  6. Setelah itu, sebuah jendela 'Create Source' pun akan terbuka di aplikasi Ms Word.
  7. Sebelum melanjutkannya, ubahlah terlebih dahulu bahasa sistem Ms Word menjadi bahasa Indonesia.
  8. Pada jendela pop-up, klik 'Type of Source' untuk memilih jenis referensi yang akan dituliskan.
  9. Akses ke opsi 'Bodi'.
  10. Isikanlah nama pengarang (author), judul buku (title), tahun terbitan (year), kota (city), dan nama penerbit (publisher) pada kolom yang tersedia.
  11. Setelah benar memasukkan pada bagian kolom tersebut, klik 'Ok',

Untuk menambahkan bibliografi dari sebuah karya tulis ilmiah, kamu hanya perlu mengetahui cara berikut ini:

  1. Masuk pada opsi 'Source Manager' seperti langkah di atas.
  2. Pada bagian 'Edit', klik opsi 'New'.
  3. Masuk kepada opsi 'Bibliography' pada 'References'.
  4. Masukkan bibliografi dengan 'Insert Bibliography'.

Demikianlah penjelasan mengenai trik khusus buat daftar pustaka otomatis di Ms Word dengan mudah. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment