Jangan Gagal Paham, Ini Beda Jas dan Tuxedo

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Tuxedo memang bisa dianggap sebagai salah satu jenis jas. Meski begitu, ternyata ada perbedaan dua kostum atasan yang berasal dari Eropa tersebut.

Sekilas, tuxedo dan jas secara umum memang tidak terlihat beda, sama-sama dipakai untuk urusan resmi. Tapi sekali lagi, perbedaannya jelas nyata.

Yang jelas, untuk melihat beda jas dan tuxedo, harus dilihat dari berbagai faktor. Mulai dari tujuan pemakaian, harga, jahitan, dan sebagainya.

Melansir najifajas.com, Selasa (7/112023), beberapa pria mungkin sulit untuk membedakan mana jas dan mana tuxedo.

Nah, berikut ini adalah perbedaan jas dengan tuxedo yang mungkin beluma Anda ketahui.

  1. Tujuan Pemakaian
    Jika tidak diperhatikan secara detail perbedaan jas dengan tuxedo tidak begitu jelas. Mungkin beberapa orang banyak yang menganggapnya sama padahal kedua kostum atau pakaian ini berbeda.

Persamaannya adalah sama-sama berasal dari Eropa. Setelan jas atau yang sering disebut dengan suit ini sering digunakan pada acara yang sifatnya resmi. Disebut setelan karena dipakai sepaket dengan celana yang bahan dan warnanya sama.

Untuk tuxedo ini digunakan untuk menghadiri acara yang lebih resmi dan penting dibandingkan dengan jas. Tuxedo digunakan untuk menghadiri gala dinner, pesta, dan juga momen pernikahan.

Saking resminya pemakaian tuxedo di Inggris diatur sedemikian rupa dimana tidak disarankan sebelum pukul 5 sore waktu setempat. Jika memakai di waktu yang dilarang maka penggunaan tuxedo tersebut dianggap tidak pantas.

  1. Jahitan
    Perbedaan penting yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah jahitan. Jas bisa dibuat di penjahit maupun konveksi. Jas dibuat dengan tiga lapisan pada seluruh bagian tubuh dan juga lengan di bagian dalam. Mesin yang digunakan untuk membuatnya bisa tradisional dan juga mesin jahit industri.

Tuxedo detailnya lebih rumit sehingga membutuhkan penjahit atau tailor yang lebih expert atau profesional. Mesin yang digunakan pun khusus karena bahan tuxedo yang berlapis dan juga tebal.

  1. Detail
    Jas memiliki bentuk kerah atau lapel notched-lapel, sedangkan tuxedo bentuk kerahnya lebih melengkung dan dibuat dari bahan satin supaya lebih mengkilap. Perbedaan tuxedo dan jas bisa terlihat dari kancingnya.

Biasanya tuxedo menggunakan kancing yang dicover dengan kain warna senada dengan tuxedo tersebut, sedangkan jas menggunakan kancing yang reguler atau tidak tertutupi kain.

Hal inilah yang membuat tuxedo menjadi pakaian formal yang elegan. Pria dengan tuxedo ini akan terlihat lebih sedap dipandang.

  1. Harga
    Tidak bisa dipungkiri bahwa biasanya tuxedo lebih mahal dari jas. Yang membuat tuxedo mahal adalah tidak semua penjahit atau tailor bisa membuatnya, selain itu dibutuhkan mesin khusus.

Penggunaan Tuxedo di acara yang berkelas tersebut juga membuat harga dari tuxedo ini lebih mahal dibandingkan dengan jas.

  1. Kesopanan
    Jas cenderung dibuat sepasang dengan celana digunakan untuk acara formal. Tuxedo digunakan untuk acara lebih formal seperti pernikahan dan lain sebagainya.

Meski dibilang sebagai pakaian yang sopan dan mahal, akan terlihat kurang pas jika Anda menggunakan tuxedo untuk menghadiri acara yang biasa-biasa sajan oleh sebab itu Anda harus bisa menyesuaikannya dengan acara yang akan anda dihadiri.

  1. Aksesoris Pelengkap
    Aksesoris pelengkap tuxedo yang biasanya harus ada adalah dasi kupu-kupu. Sementara jas, bisa menggunakan dasi atau tidak dan biasanya dasi yang digunakan adalah dasi panjang.

Tuxedo juga bisa dipadukan dengan vest atau cummerbund agar penampilan lebih macho dan juga elegan.

Demikian soal beda jas dan tuxedo, sekilas tampak mirip tapi ternyata berbeda. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Tags :

Leave a comment