Jangan Salah Pilih Jenis AC: Bisa Tidak Sehat dan Boros

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Air conditioner (AC) memang menjadi solusi terbaik untuk menghalau rasa panas. Namun, jangan salah pilih jenis AC karena bisa membuat hidup lebih boros.

Ya, boros tentunya berhubungan dengan pengeluaran alias ekonomi. Jadi, salah pilih jenis AC akan membuat Anda rugi dari sisi finansial pun kesehatan.

Maksud dari kerugian dari sisi kesehatan, salah pilih AC bisa menimbulkan ruangan jadi tidak sehat, lembab, dan sebagainya. Jadi tidak sekadar boros.

Melansir rumah.com, Senin (30/10/2023), perlu dipahami kalau terdapat beberapa dampak yang timbul dari salah memilih AC.

Ya, meski terdengar sepele, berikut sejumlah dampak dari salah memilih jenis AC:

  1. Tidak Tahan Lama
    Pastikan membeli AC sesuai dengan kebutuhan, salah satunya adalah PK atau daya yang berpengaruh pada ketahanan AC di rumah. Semakin besar ukuran ruangan, maka semakin tinggi juga PK yang diperlukan pada AC yang dibeli.

Jika membeli AC yang tidak sesuai dengan kondisi ruangan dan kebutuhan, maka AC akan menjadi tidak tahan lama. Itu karena AC harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan.

  1. Ruangan Jadi Lembap
    Salah satu sifat AC sendiri adalah untuk mensirkulasi udara lembap yang ada di dalam ruangan supaya tetap pada level yang normal dan sehat. Tetapi kalau memilih AC yang tidak sesuai kebutuhan ruangan malah akan membuat ruangan menjadi lembap.

Itu karena AC tidak mampu mensirkulasi udara yang ada sehingga kelembapan di dalam ruangan menjadi lebih tinggi dari seharusnya.

  1. Penghuni Jadi Tidak Nyaman
    Udara yang dingin dari AC memang membuat penghuni menjadi nyaman, apalagi saat cuaca di luar ruangan sedang panas-panasnya. Tetapi, ketika AC yang digunakan tidak tepat, maka dingin yang dirasakan bisa berlebihan dan membuat tidak nyaman.

Ditambah dengan pengaturan mode auto pada AC, perubahan yang terjadi secara drastis dipastikan akan membuat penghuni menjadi tidak nyaman.

  1. Ruangan Jadi Tidak Sehat
    Akibat dari perubahan suhu yang drastis, kelembapan udara yang tinggi, disertai juga dengan suhu yang terlalu rendah, tentunya ini bisa menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan pada penghuninya.

Apalagi kalau mempunyai riwayat kesehatan atau penyakit penyerta.

  1. Boros
    Perlu dipahami kalau semakin tinggi PK pada AC maka daya listrik yang dibutuhkan semakin besar juga. Artinya, tagihan listrik yang dibayar pun akan semakin besar juga. Karenanya, pengeluaran bulanan pun akan semakin naik.

Sebagai informasi, setidaknya ada tujuh jenis AC di pasaran. Banyaknya berbagai macam jenis AC ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan orang yang ingin membangun bangunan tertentu.

Jenis-jenis AC yang ada di antaranya AC Split Duct, AC Split Wall, AC Floor Standing, AC Cassette, AC Central, Window, dan AC Inverter.

Demikian soal dampak negatif akibat adalah pilih jenis AC. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment