BEM SI Demo di Patung Kuda Kritik Putusan MK, Polisi Kerahkan 1.611 Personel untuk Pengamanan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

JAKARTA, insidepontianak.com –  Gelombang aksi unjuk rasa atau demo oleh massa dari mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa se-Indonesia atau BEM SI, berlangsung di Patung Kuda, Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Diperkirakan, masa aksi BEM SI ini mencapai 5000 orang. Mereka turun ke jalan untuk mengkritisi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait batas usia minimum Capres-Cawapres. Putusan MK dinilai melanggengkan praktik korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Selain itu, aksi ini juga bertepatan dengan momentum sembilan tahun Presiden Joko Widodo menjabat sebagai Presiden.

Untuk mengawal aksi ini agar berjalan tertib, aman dan damai, Polri mengerahkan 1.611 personil gabungan.

"Kami akan menerjunkan pasukan dalam aksi penyampaian aspirasi teman - teman mahasiswa siang ini berjumlah 1.611 personel," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro dikutip dari Antara.

Susatyo mengatakan bahwa pasukan gabungan tersebut terdiri dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, dengan di dukung penuh oleh rekan-rekan TNI dan dari Pemprov DKI Jakarta.

Dia mengatakan, titik fokus pengamanan berada di Jalan Sudirman sebagai etalase dan wajah Kota Jakarta, di Patung Kuda dan di kawasan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Ia pun memastikan, Polri bersama TNI siap mengamankan aksi ini agar berjalan tertib, damai dan tidak mengorbankan kepentingan masyarakat luas.

“Semoga aksi ini berjalan dengan tertib dan lancar dan mematuhi batasan waktu sesuai dengan aturan Undang - Undang yang berlaku," harapnya.***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment