Tiga Olahan Kepiting nan Lezat di Rumah Makan Torani Balikpapan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Selain bandeng tanpa duri, kepiting adalah bahan baku makanan yang punya peran penting hingga berdirinya Rumah Makan Torani Balikpapan, tepatnya menu pepes kepiting.

Karena itu, Rumah Makan Torani di Balikpapan ini bisa dikatakan cukup mengandalkan kepiting dalam barisan menu yang mereka sediakan bagi pelanggan.

Bahkan tidak jarang, Rumah Makan Torani melakukan promosi dengan 'menjual' kepiting seperti tumpeng kepiting dan kepiting gratis bagi pelanggan di Balikpapan.

Melansir rmtorani.com, Rabu (18/10/2023), pameran “Food Festival Balikpapan” pada 2006 lalu adalah cikal bakal berdirinya Rumah Makan Torani.

Ketika itu, nama yang diperkenalkan ke khalayak adalah Toranifood dan tenda mereka menawarkan ikan bandeng tanpa duri bakar dan pepes kepiting beku saja. Artinya tidak menjual dan bisa dimakan langsung kecuali untuk dibawa pulang.

Nah, khalayak yang datang ke pameran itu kemudian meminta agar Toranifood menyediakan meja dan kursi serta kedua menu tadi bisa dimakan di tempat. Setelah permintaan khalayak terpenuhi, secara nyata Toranifood laku keras.

Maka usai pamaren, Toranifood pun kemudian ke Jalan Jenderal Sudirman, Komplek Lembaga Permasyarakatan No 73, Stall Kuda Balikpapan. Di sinilah namanya berubah menjadi Rumah Makan Torani, tepatnya pada 2007.

Demikianlah sejarahnya kenapa kepiting menjadi salah satu bahan baku penting bagi Rumah Makan Torani. Apalagi, kepiting adalah makanan lezat yang populer di kalangan pecinta kuliner seafood.

Kepiting merupakan pilihan menu yang sempurna, baik untuk acara khusus atau hanya makan malam yang santai bersama keluarga dan teman. Dari kelezatan yang lembut dan gurih daging kepiting lalu dipadukan bumbu khas, menu kepiting ini siap memanjakan lidah.

Yang jelas, kini Rumah makan Torani memiliki beragam jenis hidangan kepiting seperti kepiting soka dan kepiting saos Padang. Menu dan harga kepiting di Rumah Makan Torani sangat lengkap dan harganya terjangkau.

Nah, berikut tiga pilihan menu kepiting yang ada di Rumah Makan Torani Balikpapan:

  1. Kepiting Soka
    Kepiting soka adalah perpaduan lezat antara daging kepiting dan krispi kulit kepiting yang aman untuk dimakan. Cocok bagi yang ingin menikmati kepiting dengan mudah dan lezat.

Hidangan ini sempurna bagi mereka yang menginginkan sesuatu yang ringan, tetapi tetap menginginkan rasa renyah kepiting yang gurih.

  1. Kepiting Lada Hitam
    Kepiting lada hitam menyajikan kepiting segar dengan porsi daging kepiting dan disajikan dengan saus lada hitam. Selain saus lada hitam, terdapat juga saus yang lain lain seperti saus spesial Torani, saus Padang, saus tiram, dan lain lain.

Menu ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai kepiting yang di balut dengan lezat nya rempah rempah bumbu indonesia.

  1. Kepiting Bakar Torani
    Kepiting bakar Torani adalah hidangan smooky yang memadukan kepiting dan rempah-rempah. Rasanya gurih dan manis. Sehingga menciptakan masakan yang kaya rasa melalui proses bakar yang akan membuat tekstur lembut pada daging kepiting.

Demikian tentang ragam menu kepiting di Rumah Makan Torani Balikpapan. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment