Gibran Trending X: Isu Bacawapres, MK, dan Manuver di tubuh PDIP

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Gibran, putra sulung Presiden Jokowi digadang-gadang jadi Bacawapres untuk Bacapres Prabowo Subianto pada Pemilu 2024 mendatang, itu sebab belakangan ini namanya trending di X.

Terpantau hingga Senin, 16 Oktober 2023 nama Gibran trending di X, isu Gibran jadi Bacawapres juga semakin marak karena statemen yang diungkap oleh Panda Nababan, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Gibran disebut Panda Nababan tidak beretika jika benar menjadi bacawapres yang berpasangan dengan bacapres Prabowo Subianto, karena itu berarti dia harus meninggalkan partai naungannya selama ini yakni PDIP.

Pasalnya menurut Panda Nababan, Gibran menjadi Walikota Solo karena mendapatkan hak istimewa, pertama dari Presiden RI, Jokowi dan kedua, dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Proses pemilihan walikota Solo dari ranting cabang sudah berproses 4 bulan dan sudah final memilih Purnomo dan Teguh, tetapi Jokowi meminta ke Ibu Mega agar anaknya (Gibran) bisa maju jadi Walikota Solo," ungkap Panda Nababan, dilansir dari video yang beredar di trending X, Senin (16/10/2023).

Terang saja pernyataan Panda Nababan ini menghebohkan publik, hingga akhirnya membuat nama Gibra menjadi trending di X.

Guliran kontra terkait Gibran menjadi Bacawapres dan berpasangan dengan Bacapres Prabowo Subianto pun ramai di media sosial.

"Ga usah dengarin projo-projo-an lah, kita dengerin Gibran aja, yang jelas-jelas aja," ungkap akun cempakasrikaya di X.

Akun ini mengunggah video Gibran yang mengajak masyarakat untuk mendukung Ganjar dan memilih PDIP pada Pemilu 2024 nanti.

"Saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk memilih Ganjar Pranowo dan Partai PDIP pada pemilu 2024 nanti," ucap Gibran.

Sisi lain video pidato Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang menyoal tentang manuver juga beredar di kolom trending.

Video yang diunggah akun Umar Al Chelsea ini menegaskan pernyataan Mega yang akan menindak tegas bagi anggota partai yang melakukan manuver.

"Kalian, siapa yang berbuat manuver, keluar! Karena apa? Tidak ada di dalam PDI Perjuangan itu namanya main dua kaki, main tiga kaki, melakukan manuver," ucap Mega dihadapan seluruh anggota partai PDIP.

Isu Gibran menjadi Bacawapres yang berpasangan dengan Bacapres Prabowo Subianto juga mengerucut karena gugatan atas norma batasan usia minimal 40 tahunan untuk Capres atau Cawapres yang diajukan kepada Mahkamah Konstitusi.

Keputusan MK itupun kabarnya akan dibacakan pada hari ini. Dan sampai saat ini bahasan publik terkait itu juga ramai di media sosial.

Pasalnya keputusan MK ini menjadi penting karena berkaitan dengan bisa tidaknya Gibran diajukan sebagai Bacawapres. Mengingat usia Gibran belum sampai 40 tahun.

Meme soal MK yang menyoal keputusan norma batasan usia ini juga banyak beredar di media sosial. Bahkan sampai-sampai MK tak lagi diartikan sebagai Mahkamah Konstitusi namun menjadi Mahkamah Keluarga.

Salah satunya video yang berasal dari akun @sandissukron yang berisi tentang 3 anak muda yang sedang berdiri di depan gedung Mahkamah Agung. Lewat video itu ketiga anak muda ini menyindir tentang MK.

Narasi yang mereka sematkan saja berjudul 'ngejulidin MK'. Meski terlihat menghibur namun ucapan yang mereka lontarkan berisi kritikan yang ditujukan kepada MK, sekaligus juga menyangkut Gibran.

Dan terpantau guliran komentar yang menanggapi Gibran dalam trending X ini telah mencapai 25,9 ribu postingan pengguna X. (Adelina). ***

Leave a comment