Herzaky Minta Pemuda Kubu Raya Jadi Sumber Informasi Terpercaya, Bukan Sekedar Tercepat

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

JAKARTA, insidepontianak.com - Pemuda memiliki kekuatan luar biasa dengan media sosial di tangannya. Bisa mengubah arah negara ini, bahkan kehidupan sehari-hari di sekitarnya. Untuk itu, pemuda harus berupaya menjadi sumber terpercaya, bukan sekedar menjadi tercepat dalam menyebarkan informasi.

Demikian yang disampaikan Herzaky Mahendra Putra, Dewan Pakar Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) Wilayah Kalimantan Barat, dalam Dialog Interaktif bertajuk Merdeka di Era Digital yang diselenggarakan oleh DPD KNPI Kab Kubu Raya, di Aula Gedung Graha Pramuka, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Turut hadir sebagai narasumber adalah Kepala Polres Kab Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat, S.H., S.I.K., dan Kepala Dinas Porapar Kab Kubu Raya, Rini Kurnia Solihat, S.STP., MA.

Memang tidak mudah, lanjut Herzaky, karena anak muda selalu ingin menjadi yang terdepan, tercepat, dalam menyampaikan dan menyebarkan informasi. Ini memang kultur yang terbentuk dalam era digital, yang mengagungkan kecepatan. Seakan kecepatan adalah mata uang baru, sebagai dampak kemajuan teknologi.

Hanya saja, tegas tokoh muda nasional asal Kalbar ini, jika setiap informasi yang masuk, begitu cepatnya disebar tanpa dicek kembali dan disaring, bisa menimbulkan disinformasi. Ada hoax dan fitnah yang mungkin tersebar. Sangat membahayakan dan bisa menimbulkan keresahan publik. Bahkan, bisa mengancam persatuan dan kesatuan bangsa akibat menyebar hoax dan fitnah yang bisa memecah belah.

Karena itu, Herzaky meminta KNPI Kubu Raya dan para pemuda Kubu Raya harus terus berupaya menjadi sumber informasi terpercaya. Pemuda punya peranan besar dalam menjaga ruang publik kita agar tetap positif, konstruktif, dan bermanfaat. ***

Leave a comment