Kegunaan Fitur Arsip di Aplikasi WhatsApp: Mirip Blokir Kontak Tapi Foto Profil Tetap Muncul

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Bila hendak memblokir kontak tanpa menghilangkan foto profil. Pengguna dapat melakukannya dengan fitur Arsip yang tersedia di aplikasi WhatsApp.

Dalam penggunaannya tersebut, fitur Arsip di aplikasi WhatsApp sangat berguna hendak memblokir kontak. Dengan begitu, pengguna tidak dapat lagi merasa khawatir akan menyinggung perasaan lawan chatting.

Bagi sebagian orang, fitur Arsip di aplikasi WhatsApp memang sangat diandalkan untuk memblokir kontak. Namun, statusnya masih tetap aktif dan tidak bisa mengganggu pengguna yang akan menerima pesan.

Sebagaimana diketahui, fitur Arsip pada aplikasi WhatsApp pada umumnya akan menghilangkan obrolan dari kontak. Sehingga, pengguna tidak akan merasa terusik dengan pesan teman yang telah diarsipkan.

Dengan kata lain, fitur tersebut hampir sama dengan blokir. Hanya saja, dengan teknik yang lebih halus. Terutama fitur ini sangat membantu sekali bila hendak memblokir kontak teman atau keluarga terdekat.

Biasanya, pengguna WhatsApp akan langsung memencet opsi blokir. Efeknya mudah disadari oleh orang yang telah diblokir, seperti foto profil tidak akan tampak lagi.

Kemudian, biasanya bila hendak mengirim pesan akan muncul tanda centang satu saja. Hal inilah kemudian menjadi permasalahan tersendiri.

Untuk menanggulanginya, pengguna WhatsApp bisa mengakali pemblokiran dengan pemanfaatan fitur Arsip. Ciri-ciri dasar pemblokiran seperti yang terjadi di atas, tidak akan muncul kembali.

Cara Mengarsipkan Kontak

Berdasarkan pembahasan di atas, pastinya fitur Archive ini sangat layak menggantikan blokir. Alasannya tidak lain lantaran tidak menyebabkan ketersinggungan di kedua belah pihak.

Untuk menerapkan hal itu, berikut cara menggunakan fitur Arsip di aplikasi WhatsApp.

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih kontak yang hendak diarsipkan.
  3. Tekan secara lama pesan tersebut.
  4. Pilih fitur 'Arsip' yang berlambang tanda panah menunjuk ke arah bawah di dalam kontak. Letaknya berada di task bar paling atas.
  5. Kontak pun akan tersimpan di dalam folder Arsip secara otomatis.

Dengan demikian, bila menerima pesan dari orang yang kontaknya telah dipindahkan ke folder Arsip tidak akan muncul. Bahkan, notifikasi tersebut tidak akan membentuk pop-up layaknya pesan biasa.

Uniknya, meski tidak lagi berada di kolom 'Obrolan'. Fitur ini tetap akan menampilkan centang dua, seolah-olah pengguna menerima pesan yang dikirim.

Selama tidak membuka pesan yang diarsipkan, centang tersebut tidak akan berubah menjadi biru. Alias, tidak mengindikasikan bahwa chat telah dibaca.

Cara Keluarkan Pesan dari Folder Arsip.

Bila pada suatu waktu kontak yang telah diarsipkan ingin dikeluarkan kembali. Perhatikan langkahnya sebagaimana berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pada bagian atas obrolan, klik 'Diarsipkan'.
  3. Pilihlah kontak yang telah diarsipkan. Tahan pesan tersebut beberapa detik.
  4. Klik ikon panah mengarah ke atas di dalam kotak.
  5. Pesan pun telah keluar dari folder Arsip.

Dengan keluarnya kontak dari Arsip, pengguna akan mendapatkan notifikasi di setiap pesan yang dikirimkan dari kontak tersebut.

Demikianlah uraian dan manfaat dari fitur Arsip di aplikasi WhatsApp. Semoga bermanfaat! (Dzikrullah) ***

Leave a comment