Presiden Akhirnya Buka Suara Usai Isu Prabowo Tampar dan Cekik Wamentan di dalam Rapat

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Setelah isu Prabowo tampar dan cekik Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Husnul Qolbi, menjadi bola liar di dunia maya, Presiden RI akhirnya ikut bersuara.

Ketika ditanyakan isu Prabowo dituding menampar dan cekik Wamentan ketika rapat kabinet berlangsung, Presiden menjawabnya dengan tegas bahwa kabar tersebut hanyalah kabar burung belaka.

Tanggapan perihal Prabowo tampar dan cekik Wamentan di dalam rapat ini direspons langsung oleh Presiden RI, Joko (Jokowi) Widodo. Selebihnya, orang nomor satu RI menganjurkan agar masyarakat tidak mudah percaya dengan isu miring.

"Setahu saya tidak ada peristiwa seperti itu," kata Jokowi, Selasa (19/9).

Jokowi juga tidak habis pikir terkait isu yang beredar. Dia meragukan hal ikhwal tentang Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, yang dipimpin olehnya berani melakukan tindakan tidak terpuji tersebut.

"Masak nyekik?" sambungnya, dengan nada tidak percaya.

Lebih mendalamnya, Jokowi juga mengingatkan bahwa mendekati tahun politik yang akan berlangsung di tahun 2024 nanti, kabar burung sering disemarakkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Terlebih lagi bila mengaca kepada niata Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto berniat mencalonkan diri sebagai Bakal Calon Presiden (Bacapres) untuk periode tahun 2024 sampai tahun 2029.

Dengan begitu, isu-isu miring tentang dirinya kerap digembar-gemborkan oleh pihak tertentu.

"Memang tahun politik ini banyak berita-berita seperti itu," kata Presiden Republik Indonesia dengan tegas.

Lantaran isu-isu miring sering menimpa para politisi yang berkiprah di pemilu mendatang. Mantan Gubernur Jakarta ini mewanti-wanti agar tidak menyerap informasi yang beredar dari satu sumber.

"Tolong dikroscek, dikroscek kebenarannya, jangan diterima mentah-mentah setiap ada berita ya," ujarnya.

Pada hari sebelumnya, Senin (18/9). Kabar mengenai Menhan menampar dan sampai mencekik Wamentan, Harvick Husnul Qolbi, diberitakan oleh kanal YouTube dengan nama SEWORD TV.

Presenter yang berbaju merah di dalam video, bahwa dirinya mendapatkan isu tersebut dari grup WhatsApp yang sedang diikutinya.

Dalam anggapannya, kabar mengenai Prabowo tega mencekik dan menampar Harvick Husnul Qolbi ini didapati dari salah seorang informan yang mengetahui insiden itu.

Jauh-jauh hari sebelumnya, isu yang sempat menimpa Prabowo ketika tengah mencoba menjadi Presiden di tahun pemilu 2019 adalah kasus HAM masa lampau.

Diisukan pula, bahwa Ketua Partai Gerindra ini suka membentak-bentak para Ulama ketika tengah berdialog dengannya.

Dengan narasi yang ditebarkan, pria berkaos merah ini menduga bahwa Bacapres dari Partai Gerindra tersebut berwatak temperamen. Terlebih, ditambah lagi dengan isu viral yang beredar liar.

"Dengan satu tambahan cerita ini. Dengan mencekik atau menampar salah satu Wakil Menteri itu, kemudian menjadi tambahan referensi bagi kita semua bahwa rekam jejaknya sudah sedemikian hitamnya," ucap presenter SEWORD TV.

Di lain pihak, Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco menyebut isu yang menyerupai bola liar tersebut merupakan sebuah kebohongan publik.

Walaupun dalam pendapatnya sudah termasuk penggiringan opini, pihaknya tidak berniat melaporkan ke pihak yang berwajib. Dasco juga menghimbau agar kader Partai Gerindra tidak mudah terprovokasi.

"Kami merasa kan rakyat sudah pintar nih, jadi ya kami mengimbau kepada kader-kader Gerindra maupun kader-kader Koalisi Indo Maju jangan terpancing dan jangan terprovokasi. Kami tetap bekerja untuk konsentrasi menghadapi pileg dan pilpres saja," ujarnya, Senin (18/9),

Di dunia medsos X sendiri, isu Prabowo tampar dan cekik Harvick Husnul Qolbi menjadi trending hingga artikel ini ditulis. Terpantau dari keyword 'Wamen', sudah terdapat 10,1 juta yang membahasnya. (Dzikrullah) ***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment