Berikut 3 Aplikasi Populer untuk Cek Kualitas Udara Lingkungan Sekitar

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Untuk mengecek kualitas udara lingkungan sekitar, terdapat 3 aplikasi populer yang bisa dicoba. Platform ini layak dicoba untuk mengetahui oksigen yang dihirup oleh pengguna.

Pada 3 aplikasi populer yang berguna untuk mengecek kualitas udara ini, tersedia juga ragam fitur menarik lainnya. Misal mengenai kabar cuaca sekitar yang bisa dideteksi oleh platform tersebut dengan mudah.

3 aplikasi populer yang berperan untuk mengecek kualitas udara lingkungan sekitar ini bisa diunduh pada Android dan iOS. Bisa dikatakan, platform tersebut sudah terbilang banyak penggemarnya lantaran bisa didownload di perangkat ponsel yang berbeda.

Pada beberapa waktu yang lalu, jagat media sosial dihebohkan dengan kualitas udara Jakarta memburuk. Pengguna sosial media lantas mencoba mengecek kebenaran berita tersebut.

Kebanyakan dari mereka mendapatkan kualitas buruk di Jakarta ini melalui ragam aplikasi yang populer. Sehingga, mereka benar-benar memperoleh informasi yang jelas.

Selain itu, kabar kualitas udara Jakarta buruk ini juga diungkap melalui laman resmi AQI. Diketahui berdasarkan laporan tersebut, saat itu ibu kota Indonesia memiliki indeks udara pada tingkat 150-200.

Indikasi nilai yang menunjukkan angka 150-200 ini, bermakna bahwa kebenaran kualitas udara Jakarta yang memburuk tidak bisa terbantahkan lagi.

Dengan begitu, hampir seluruh warga yang bertempat tinggal di kawasan Ibu Kota Indonesia menghirup udara jelek. Tantangan yang paling mengancam, yakni rawannya kemunculan penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan kondisi udara di Jakarta memburuk. Mulai dari kebanyakan warga setempat lebih dominan menggunakan transportasi bermotor pribadi, hingga kegiatan industri juga ikut memperparah kondisi.

Pada kesempatan lain, banyak pula ikut memantau kualitas udara Jakarta ini membagikan nilai per harinya di medsos. Dari sinilah, banyak yang tertarik untuk mencoba aplikasi pengecek kualitas udara.

Untuk mengetahui 3 aplikasi populer agar dapat mengecek kualitas udara di sekitar, simak daftarnya di bawah ini:

  1. IQAir Visual.

Aplikasi pertama yang bisa dicoba adalah dengan IQAir Visual. Platform satu ini cukup mudah didapatkan, pengguna Android bisa mengunduhnya di Play Store dan Apps Store bagi pemilik ponsel Iphone.

Aplikasi ini akan menyajikan laporan kualitas udara dalam bentuk angka yang akurat. Pengguna hanya perlu memilih kota yang ditinggali, secara otomatis laporan akan mudah terbaca.

Selain itu, IQAir Visual juga tidak hanya mencakup laporan domestik saja. Bila hendak memilih suatu Negara, data kualitas udaranya akan bisa diintip dengan jelas.

Setelah puas memeriksa nilai kualitas udara, pengguna dapat membagikannya di media sosial lain dengan mudah.

  1. AQI Monitor and Forecast.

Dari nama aplikasi ini barangkali sudah bisa ditebak. Benar sekali, AQI Monitor and Forecast tidak hanya cakap melaporkan nilai kualitas udara saja. Akan tetapi, cuaca di sekitar juga bisa dibaca olehnya.

Uniknya, AQI Monitor and Forecast ini menyajikan nilai dengan landscape peta dunia. Pengguna hanya perlu menggeser satuan Negara bila hendak menengok kualitas udara yang dikehendaki.

  1. Nafas.

Aplikasi terakhir ini didirikan oleh anak bangsa. Tepatnya dikembangkan oleh mantan Chief Marketing Officer Gojek, Piotr Jakubowski dan Nathan Roestandy.

Berbeda dengan jenis platform di atas, Nafas menampilkan grafik daerah Indonesia dengan peta daerah yang lengkap. Sehingga nilai kualitas udara akan muncul di atasnya dengan mudah.

Tidak hanya mengenai laporan yang akurat. Nafas juga memberikan solusi terkait menjalani hidup yang sehat dalam kegiatan sehari-hari.

Demikianlah pembahasan mengenai 3 aplikasi populer untuk mengecek kualitas udara. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment