Putra Putri Kalbar Raih Juara, Gubernur Tutup Kapolri Cup 2023

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, mendampingi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo beserta jajarannya menyaksikan pertandingan Grand Final Turnamen Bola Voli Kapolri Cup 2023.

Gubernur didampingi Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Harisson, beserta jajaran Forkopimda Kalimantan Barat yang berlangsung di GOR Pangsuma Pontianak, Sabtu (2/9/2023).

Pertandingan Grand Final Turnamen Bola Voli Kapolri Cup 2023, mempertemukan Tim Bola Voli Kalbar VS Jatim pada kedua kategorinya, baik putra maupun putri.

Untuk Tim Bola Voli Putri berakhir dengan skor 3 - 1 untuk kemenangan tim bola voli Kalbar. Juga demikian pada kategori Putra, tim bola voli Jatim tak mampu membendung gempuran - gempuran dari tim bola voli Kalbar dengan skor 3 - 0.

Gubernur Kalbar mengapresiasi pencapaian dari kedua tim bola voli Kalbar baik putra maupun putri atas pencapaiannya.

"Selamat kami ucapkan kepada tim bola voli Kalbar, yang berhasil mengawinkan gelar juara pertama ada turnamen Bola voli Kapolri Cup 2023. Semoga kita dapat terus mempertahankan prestasi membanggakan ini kedepannya," ucap Sutarmidji.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang juga turut serta berpartisipasi dalam menyukseskan kejuaraan bola voli Kapolri cup 2023 ini.

"Terima Kasih kepada semua yang mendukung kegiatan ini, juga kepada masyarakat yang telah menjaga kondusifitas dan keamanan selama berlangsungnya kegiatan. Oleh karenanya, berarti kita sudah layak untuk menyelenggarakan event - event besar lainnya," urainya.

Kapolri mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya turnamen bola voli ini kepada semua pihak yang mendukung dan berpartisipasi pada kegiatan ini.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk menyaring calon-calon pemain baru yang dapat diikutkan dalam Tim Nasional kedepannya," tuturnya.

Kemudian Kapolri mengapresiasi semangat sportivitas dari para suporter kedua tim baik dari Kalimantan Barat dan Jawa Timur yang dapat saling menghargai keputusan bersama.

"Hal ini menjadi pemicu semangat buat Kami apalagi sekarang memasuki tahun politik dimana kita akan menghadapi kontestasi Nasional untuk memilih calon - calon pemimpin yang baru pada pesta demokrasi, dan kita semua harus mengawal agar Pemilu bisa berjalan aman dan lancar," harapnya.

Ia juga tak lupa mengapresiasi atas kolaborasi panitia untuk memajukan umkm melalui bazar - bazar yang telah disiapkan.

Kemudian, pria kelahiran Ambon ini juga siap menyelenggarakan event ini agar menjadi kegiatan rutin tiap tahunnya.

Terima kasih juga disampaikan karena telah mengadakan beberapa kegiatan dan berupa bazar UMKM, tentunya juga didukung oleh para sponsor, dan adanya semangat soliditas dan sinergitas antara TNI / Polri dan Masyarakat untuk menjaga dan mengawal Pemilu di tahun 2024.

"Terakhir bagaimana kita terus mendorong kegiatan olahraga ini menjadi agenda tahunan, maka Kami Polri Siap melaksanakan Turnamen ini sebagai bagian dari PBVSI, Selamat kepada seluruh Tim, dan Selamat juga kepada Penonton dan Masyarakat yang telah berpartisipasi dalam turnamen Kapolri Cup 2023 ini," tegas Kapolri.

Sementara Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Pusat, Imam Sudjarwo mengatakan menyambut baik diadakannya turnamen ini, dan berharap kedepan ada Piala Bergilir, dan setiap tahun ada Turnamen Piala Kapolri.

Dengan adanya turnamen ini pihaknya bisa mendapatkan pemain-pemain baru dari pertandingan bola voli, dan yang berprestasi akan dimasukan di Tim Nasional.

Pertengahan Bulan September ini, tim nasional indoor dan tim bola voli putra dan tim bola voli putri akan berangkat Sea Games di China.

"Oleh karena itu kami mohon doa restu pada seluruh masyarakat Indonesia, Semoga Tim Nasional Indonesia dapat berprestasi lebih baik dan dapat mengumandangkan lagi Indonesia raya di Sea Games China," harap Imam Sudjarwo Ketua PBVSI Pusat.

Turnamen bola voli Kapolri Cup 2023 mengatakan bahwa turnamen ini telah berlangsung selama 30 hari, yang dimulai pada tanggal 4 Agustus 2023 lalu, yang diawali dengan babak penyisihan dengan membagi menjadi 8 zona.

Pada tanggal 13 - 18 Agustus 2023 dibagi 2 zona menjadi wilayah barat yang dilaksanakan di DKI Jakarta dan wilayah timur dilaksanakan di Gresik, Jawa Timur, kemudian untuk babak 8 besar, semifinal dan grand final tanggal 22 Agustus hingga 2 September 2023, dilaksanakan di GOR Pangsuma Pontianak, Kalimantan Barat.

Bahwasannya panitia telah menyiapkan hadiah dan piala untuk Juara I hingga Juara IV dengan rincian Juara I mendapatkan uang nominal sebesar 500 juta rupiah, Juara II mendapatkan uang nominal 350 juta rupiah, juara III mendapatkan uang nominal sebesar 150 juta rupiah dan Juara IV mendapatkan Uang Nominal 100 Juta Rupiah.

Selain memberikan hadiah kepada juara Turnamen juga diberikan reward kepada beberapa kategori pemain-pemain dan diberikan reward juga untuk UMKM-UMKM dengan beberapa kategori, tak kalah menariknya disiapkan doorprize bagi para penonton sejak dimulainya pertandingan hingga penutupan yang hadiahnya utamanya berupa Mobil Honda Brio dan 4 buah sepeda motor bagi penonton yang beruntung.

Acara kemudian ditutup dengan penekanan sirine dan kembang api, dan dilakukan penyerahan medali dan piala kepada para pemain yang memenangkan turnamen bola voli Kapolri Cup 2023.

Turut serta yang hadir pada pertandingan Grand Final dan penutupan turnamen bola voli Kapolri Cup 2023 diantaranya Bupati/Walikota se-Kalimantan Barat atau yang mewakili, Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Barat, Lismaryani, Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari.

Penutupan Turnamen Bola Voli Kapolri Cup 2023 diramaikan oleh artis-artis Ibu Kota yang dipandu oleh MC Chika Jessica dan Bemby Putuanda, artis dan juga pemain sinetron Verrel Bramasta, Penyanyi Denny Caknan dan Pasha Ungu hingga beraneka ragam tarian berbagai Etnis dan atraksi gendang yang ditampilkan oleh sejumlah personil kepolisian.

Tak lupa, acara ini juga dimeriahkan dengan hadiah doorprize berupa 1 unit mobil Honda Brio kepada penonton yang beruntung. ***

Leave a comment