UPT Laboratorium Terpadu Untan: Upaya Maksimal Gelar Pelatihan K3 Umum di Lab

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - UPT Laboratorium Terpadu Untan, merupakan unit laboratorium yang bertanggung jawab dalam layanan pelaksanaan penelitian.

UPT Laboratorium Terpadu, mempunyai tugas melaksanakan layanan laboratorium untuk penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Adapun untuk penerapan K3 yang ada di UPT Laboratorium Terpadu Untan, telah melakukan pelatihan penerapan untuk keselamatan kerja.

Ini diungkapkan oleh Nelly Wahyuni, selaku ketua UPT Laboratorium Terpadu Untan. Dirinya menyampaikan adapun untuk penerapan K3 pihaknya sudah melakukan upaya semaksimal mungkin melaui pelatihan K3 Labolatorium.

"UPT Laboratorium Terpadu ini, memiliki tujuh labolatorium dimana masing-masing kepala Lab telah melakukan pelatihan mengenai keselamatan dan kesehatan kerja (K3)," ungkap Nelly, pada Jumat (1/9/2023).

Nelly menyampaikan, melalui pelatihan K3 nantinya pihak Untan akan melakukan pembentukan lembaga sarjana profesi. Penting dilakukan untuk membentuk keahlian dalam bidang K3 umum.

Ia menambahkan, selain kepala labolatorium, dosen juga telah mendapatkan pelatihan dan juga sertifikat K3 Laboratorium.

"Dan memang sudah ada beberapa yang diikutkan untuk pelatihan ahli K3 umum BNSP," ungkapnya

Sebagaimana diketahui, BNSP merupakan proses pemberian sertifikat kepada seseorang sebagai bentuk pengakuan bahwa orang tersebut sudah memahami bidang K3.

Selain itu, peserta pelatih juga akan belajar mengenai peraturan perundang-undangan yang terkait dengan K3, serta bagaimana menerapkan praktik K3 yang baik di tempat kerja.

Nelly mengungkapkan, bahwa pelatihan dilakukan untuk kompetensi individu, bagaimana masing-masing dapat mengelola laboratorium.

"Kita juga melakukan pelatihan pengenalan tentang K3 kepada staf kami," pungkasnya. (Evi)***

Tags :

Leave a comment