Kacang Merah Bisa Keluarkan Racun dari Tubuh: Ini Sembilan Manfaat Lainnya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Kacang merah bisa dikatakan sudah tidak asing lagi, dia sering ditemukan di makanan atau minuman. Tapi, tahukah kalau bahan makanan ini punya manfaat bisa mengeluarkan racun dari tubuh?

Begitulah, kacang merah adalah biji-bijian yang kaya manfaat. Mengonsumsinya bererti membuat tubuh lebih sehat dan terjaga. Jadi, tidak sekadar membuang racun dari tubuh semata.

Ya, selain membuang racun dari tubuh, sejatinya kacang merah juga mempunyai manfaat lain. Sebut saja dua contohnya yaitu menurunkan berat badan dan kadar kolestrol.

Melansir halodoc.com, Jumat (1/9/2023), kacang merah adalah jenis kacang-kacangan yang sama sehatnya seperti kacang hitam, buncis, dan lentil.

Kacang ini juga bisa diolah menjadi berbagai makanan serta minuman yang lezat. Selain bermanfaat untuk kesehatan secara menyeluruh, kacang merah juga sangat baik untuk mengoptimalkan program diet.

Nah, berikut manfaat yang bisa didapat dari kacang merah:

  1. Membantu menurunkan berat badan
    Serat dan protein dalam kacang ini adalah dua elemen terpenting dari rasa kenyang. Karena faktanya, mengonsumsi kacang merah dapat mengontrol nafsu makan dan membantu penurunan berat badan.
  2. Mengontrol jumlah asupan makanan
    Kandungan protein dan serat dalam kacang ini dapat membantu kamu dalam mengontrol asupan makanan. Protein mampu menurunkan kadar hormon atau ghrelin yang berkaitan dengan rasa lapar.
  3. Mengoptimalkan energi
    Kandungan mangan dalam kacang ini baik untuk mengoptimalkan metabolisme dalam tubuh. Proses ini merupakan penguraian nutrisi untuk menghasilkan energi bagi tubuh.
  4. Mengeluarkan racun dalam tubuh
    Kandungan molibdenum yang terdapat pada kacang merah menjadi salah satu zat yang berfungsi untuk mengeluarkan racun, atau zat berbahaya dari dalam tubuh.
  5. Mengatasi konstipasi
    Kandungan serat dalam kacang ini juga membantu dalam mengatasi masalah konstipasi. Gangguan kesehatan ini bisa menjadi tanda proses metabolisme dalam tubuh yang sangat lambat.
  6. Membantu mengatur gula darah
    Kacang merah tinggi karbohidrat kompleks serta kaya serat. Tubuh mencerna karbohidrat kompleks dengan lambat. Artinya, karbohidrat memasuki aliran darah dari waktu ke waktu, bukan sekaligus.
  7. Menurunkan risiko kanker
    Menurut American Institute of Cancer Research, kacang merah mengandung komponen penting lainnya yang juga dapat mengurangi risiko kanker, seperti saponin dan lignan, pati resisten, dan antioksidan.
  8. Mengoptimalkan bakteri baik
    Serat dan pati dalam kacang merah juga membantu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus. Hal ini membuat pencernaan akan menjadi lebih optimal.
  9. Meningkatkan massa otot
    Memenuhi protein dari kacang merah juga bisa membuat massa otot menjadi lebih optimal. Dengan begitu, Anda bisa menghilangkan berbagai lemak dalam tubuh sehingga berat badan bisa lebih terkontrol.
  10. Menurunkan kadar kolesterol
    Mengonsumsi satu cangkir kacang merah atau setara dengan 180 gram secara rutin, mampu menurunkan kolesterol jahat yang berisiko memicu berbagai penyakit, seperti gangguan jantung.

Demikian informasi soal manfaat kacang merah bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment