Pesona Wisata Pantai di Serdang Bedagai, Ini Sembilan Destinasi Pilihan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi
MEDAN, insidepontianak.com - Kabupaten Serdang Bedagai yang berada di pesisir Selat Malaka memiliki beragam pantai. Dan sebagian besar pantai tersebut, telah dikelola menjadi destinasi wisata. Pantai yang ada di Serdang Bedagai sebagian besar dikelola oleh pemerintah daerah setempat. Meski begitu, ada juga pihak swasta yang tertrarik dalam bisnis wisata. Yang jelas, pantai adalah andalan Serdang Bedagai untuk meraih income dari sektor wisata. Ya, walau destinasi lain seperti air terjun dan arung jeram tidak juga ditingggalkan. Nah, berikut ada beberapa pantai yang bisa menjadi pilihan di Serdang Bedagai seperti dikutip dari mediacenter.serdangbedagaikab.go.id, Minggu (16/7/2023):
  1. Pantai Pondok Permai
Pantai yang berlokasi di Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin ini menyuguhkan pemandangan alam pantai yang indah, bersih, dan tertata rapi. Keasrihan dan kebersihan dari pantai ini menjadi nilai tambah yang perlu diajungi jempol. Di Pantai Pondok Permai juga sering sekali ada even seperti Cap Go Meh, Idul Fitri, Tahun Baru dan Imlek yang rutin dilakukan setiap tahunnya.
  1. Pantai Mutiara Indah
Lokasi pantai ini bisa dikatakan dekat dengen Pantai Pondok Permai, dan masih berada di desa yang sama. Hanya saja, fasilitas yang tersedia tidak komplit seperti fasilitas Pantai Pondok Permai karena dikelola oleh keluarga Serbaini, tentu saja dengan bantuan masyarakat setempat. Di pantai ini, Anda akan menemukan berbagai spot foto menarik. Ada kombinasi deretan pohon serta pasir yang eksotis.
  1. Pantai Klang
Soal keindahan alam pantai ini tidak kalah jauh dari pantai-pantai lainnya. Hanya saja, pantai yang berada di Desa Sei Naga Lawan Kecamatan Perbaungan ini belum dikelola secara profesional, dan hanya masyarakat sekitar yang memberdayakan dengan sejumlah fasilitas. Begitupun, Pantai Klang tetap menjadi tempat wisata favorit di Serdang Bedagai. Pada musim liburan, pantai yang satu ini selalu dipenuhi wisatawan, baik wisatawan dari luar daerah maupun wisatawan lokal.
  1. Pantai Cermin
Dari dulu sampai sekarang pantai yang satu ini tidak pernah sepi wisatawan, baik wisatawan asing maupun wisatawan lokal. Kawasan wisata ini menawarkan sejumlah fasilitas yang menarik, mulai dari tempat menginap hingga wahana permainan. Pada kawasan yang berada di Kecamatan Pantai Cermin ini juga ada Pantai Cermin Theme Park. Sejak dibuka pada tanggal 14 Januari 2007, tempat ini juga menyediakan speed boat, jetski, fishing boat, dan juga banana boat. Bukan hanya wahana permainan, Pantai Cermin Theme Park juga memiliki kebun binatang mini.
  1. Pantai Romantis
Sesuai namanya, tempat ini terkenal memiliki suasana yang romantis. Sangat wajib wisatawan mengunjungi pantai yang satu ini. Banyak spot foto yang mampu membuat wisatawan terpanah akan keindahannya, pantai yang disulap sedemikian rupa menjadi tempat yang sangat romantis. Wisata pantai yang berada di sepanjang pesisir Kecamatan Perbaungan ini memiliki fasilitas pondok atau gazebo yang terbuat dari bambu dengan hiasan kelambu warna-warni yang nyaman dan aman.
  1. Pantai Gudang Garam
Destinasi wisata yang lokasinya berada di Desa Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Pantai Cermin. Pantai yang lokasinya mudah dijangkau ini tidak pernah sepi pengunjung. Terumata pada hari pekan atau hari libur lainnya. Pantai ini juga menjadi lokasi pengambilan garam laut di sekitar pantai. Itulah sebab, sebutan gudang garam tidak berhubungan dengan merek rokok melainkan karena pantai ini mempunyai garam laut yang melimpah.
  1. Pantai Sri Mersing
Pantai ini berada di Desa Kuala Lama, Kecamatan Pantai Cermin. Tidak kalah indah dengan pantai yang lain, pantai yang satu ini juga memiliki pasir yang putih, ditambah dengan banyaknya pohon cemara yang dekat dengan bibir pantai. Seperti tempat wisata pada umumnya, Pantai Sri Mersing ramai pengunjung hari libur. Tiket masuknya bisa dikatakan sangat murah, di dalam pantai juga terdapat pondok-pondok yang disewakan dengan harga yang terjangkau.
  1. Pantai Cemara Kembar
Pantai ini menyediakan lokasi wisata alam yang dikombinasikan dengan keberadaan rumah-rumah adat tradisional Indonesia. Pantai Cemara Kembar ini terletak di Desa Sei Nagalawan, Kecamatan Perbaungan. Pantai yang baru dibuka pada Juli 2015 ini mengambil konsep rumah adat romantis dan keindahan pantainya yang memiliki pasir yang bersih. Cemara Kembar juga menawarkan fasilitas kekinian seperti keberadaan rumah pohon, gembok cinta, perahu cinta, ayunan cinta serta berbagai fasilitas lainnya.
  1. Pantai Bali Lestari
Dinamakan Pantai Bali Lestari karena pantai ini memiliki gapura yang mirip seperti di daerah Bali dan dekorasi khas suasana Bali. Pada awalnya, Pantai Bali Lestari merupakan pantai yang bernama Pantai Lestari Indah. Jarak dari Medan menuju Pantai Bali Lestari sekitar 64 Kilometer atau kurang lebih 2 jam perjalanan dengan menggunakan mobil. Pantai Bali Lestari terletak di Desa Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Pantai Cermin. Demikian sembilan pantai pilihan yang berada di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatra Utara. Semoga bermanfaat. (Adelina)***

Leave a comment