Fakta Menarik Gedung Warenhuis, Supermarket Pertama di Medan: Punya Bunker dan Teknologi Antiserangga

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Medan memiliki cukup banyak pusat perbelanjaan sejak zaman dulu, tapi apakah publik tahu supermarket pertama di kota ini? Nah, dia adalah Warenhuis.

Gedung Warenhuis ini adalah supermarket atau toko serba ada (toserba) pertama di Medan. Diresmikan pertama kali pada era kolonial Belanda.

Kini Warenhuis sudah tak berfungsi dan sudah menjadi cagar budaya. Itulah sebab banyak yang tidak tahu kalau gedung tua ini adalah supermarket pertama di Medan.

Mengutip pemkomedan.go.id, Minggu (25/6/2023), Warenhuis yang berada di Jalan Hindu atau Jalan Ahmad Yani VII, Kecamatan Medan Barat, kini sudah mulai direnovasi setelah sekian lama terbiarkan.

Gedung yang berada di kawasan kota tua, Kesawan, Medan ini pun diharapkan bisa tampil seperti sedia kala. Pasalnya, Warenhuis bisa dikatakan rusak parah meski bangunannya masih terlihat kokoh.

Sebagai informasi, Warenhuis memiliki arsitektur yang khas dengan gaya arsitektur Eropa yang memadukan unsur-unsur Art Nouveau dan Neo-Klasik. Bentuknya khas dan berada di pojok persimpangan.

Gedung ini memiliki lantai-lantai yang luas dengan banyak kaca jendela yang memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam gedung. Selain itu, gedung ini juga memiliki fasad yang indah dengan ornament-ornament yang elegan.

Awalnya Gedung Warenhuis Medan ini difungsikan sebagai suermarket atau toserba yang menjual berbagai jenis barang seperti pakaian, peralatan rumah tangga, dan lain-lain. Setelah Indonesia merdeka, gedung ini pernah dijadikan sebagai kantor pemerintahan dan rumah sakit.

Seiring waktu, gedung eks Warenhuis dengan fasad yang unik telah beberapa kali mengalami pergantian fungsi sampai akhirnya tidak terpakai dan menjadikan bangunan tersebut mengalami kerusakan.

Kerusakan yang dimaksud terjadi di beberapa bagian, antara lain kondisi fisik jendela yang rusak bahkan berlubang karena dilepas, atap yang lapuk dan berlobang, tangga yang rusak, dan kerusakan pada lantai.

Namun, sekarang gedung ini telah dipugar dan dijadikan tempat wisata sejarah yang terkenal di Kota Medan. Nah, berikut beberapa fakta menarik tentang gedung ini:

1. Dibangun pada 1916, Diresmikan 1919

Sejarah mencatat Warenhuis dibangun 1916 silam. Tangan dingin arsitek asal Jerman G Bos berhasil membuat bangunan itu ikonik. Warenhuis diresmikan 1919. Peresmian dilakukan oleh Walikota Medan Daniel Baron Mackay.

2. Berteknologi Antiserangga

Meskipun jadul, Warenhuis sudah memakai teknologi antiserangga pada zamannya. Ini terbukti dari kaca-kaca keramik yang menempel di tiap jendelanya. Namun kaca itu kini sirna.

3. Dua Lantai dan Berkayu Kuat

Di dalam gedung cukup banyak ruangan seperti gerai-gerai. Bangunan dibuat dua lantai. Plafonnya terbuat dari kayu yang cukup kuat. Karena meski sudah seratusan tahun, kayu-kayunya masih sangat kokoh.

4. Punya Bunker

Warenhuis memiliki bunker alias ruang bwah tanah. Bunker ini dipergunakan untuk menyimpan stok barang. Konon bunker itu langsung tembus ke dermaga yang ada di Sungai Deli. Namun sayangnya bunker itu kini sudah ditutup.

5. Tidak Lama Beroperasi

Eksistensi Warenhuis mulai meredup sejak Jepang masuk ke Kota Medan. Warenhuis diperkirakan bertahan 23 tahun. Sekitar 1942 pemiliknya kembali ke Belanda karena Medan mulai tidak kondusif.

6. Penanda Perkembangan Ekonomi Modern

Statusnya sebagai supermarket pertama, Warenhuis menandai pekembangan perekonomian era modern di Kota Medan. Lokasinya yang dekat dengan jalur perdangangan cdan pusat kota juga semakin menguatkan.

Demikianlah fakta-fakta menarik tentang Gedung Warenhuis, supermarket pertama yang ada di Medan dan kini menjadi destinasi wisata sejarah. Semoga bermanfaat. (Adelina)***

Leave a comment