Puncak Arus Balik Lebaran, Pelabuhan Teluk Batang Sesak, Penumpang Membeludak

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Pelabuhan Teluk Batang, Kayong Utara, sesak akibat penumpang arus balik lebaran membeludak, Minggu (30/4/2023).

Petugas penjual tiket kapal kelotok trayek Teluk Batang-Rasau Jaya pun dibuat kewalahan melayani para penumpang. Pasalnya, antrean mengular panjang.

Yogi, salah satu penumpang, mengaku dua jam mengantre untuk membeli tiket. Itupun tiket tak berhasil dia didapat. Sebab sudah ludes diserbu penumpang. Yogi kecewa. Perjuangan mengantre berjam-jam sia-sia.

"Saye dari jam dua siang, sampai sore belum dapat tiket. Kecewa dengan pelayanan ini, kurang disiplin," ucap Yogi menggerutu.

Ada puluhan penumpang lainnya seperti Yogi yang juga tak kebagian tiket. Alhasil, mereka terancam gagal berangkat.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelabuhan Teluk Batang, Dahlan mengatakan, lonjakan penumpang sudah terlihat sejak sore. Kondisi ini terjadi setiap tahun pada saat mudik lebaran maupun arus balik lebaran.

"Meledak (penumpang) sekitar jam 3 sore. Karena pagi masih normal, dan sekarang yang terangkut penumpangnya ada sekitar 930 orang," ungkap Dahlan.

Penumpang yang tidak kebagian tiket kata Dahlan tak perlu khawatir. Karena masih tetap diupayakan supaya bisa berangkat menggunakan armada lainnya.

"Kalau yang tidak terangkut (Penumpang) kita koordinasi dengan armada kapal swasta. Tiap tahun bisa seperti itu, yang penting memenuhi target," ucapnya.***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment