Kapal Motor Kandas di Muara Kubu, Penumpang Kalut Kelaparan Sebelum Dievakuasi

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com -  Kapal Motor Arif Jaya yang kandas di Perairan Muara Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Selasa (25/4/2023) pagi, menyisakan kekesalan bagi para penumpang.

Kapal itu membawakan 145 orang. Mereka terkatung berjam-jam karena kapal terdampar di pantai akibat keluar dari jalur alur. Akhirnya, penumpang terpaksa dievakuasi oleh tim SAR Gabungan, sekitar pukul 11.45 WIB.

Penumpang yang terjebak dalam peristiwa ini pun dibuat kesal. Pasalnya, tak ada stok makanan di dalam kapal. Sementara kapal kandas sejak pagi. Semua penumpang pun kelaparan. Akibatnya keributan nyaris terjadi.

"Banyak bekalut (ribut) orang di kapal itu, makanan dak ade," ucap Togi, salah satu penumpang yang ada di kapal itu.

Ia sendiri terpaksa ikut rombongan bersama 20 penumpang lainnya dievakuasi menggunakan speed boat supaya bisa segera sampai ke Pelabuhan Rasau Jaya.

Sebab ia sedang membawa keluarga yang sakit untuk berobat ke Pontianak. Speed boat yang ditumpangi Togi pun tidak gratis. Ia harus merogoh kantong yang cukup mahal.

"Adek sepupu saye maok operasi. Makanya carter speed boat menuju ke Rasau. (Biayanya) Rp200 ribu satu orang, yang naik speed ini ada 20 orang," kata Togi.

Sebelumnya, Kapolres Kubu Raya, melalui Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya, Aipda Ade pun telah menyampaikan kejadian kapal kandas di Muara Kubu akibat keluar dari alur laut. Sedangkan kondisi air tengah dangkal.

"Diduga kapal menabrak tebing pasir karena kesalahan mengambil jalur," kata Aipda Ade.

Ia memastikan, tak ada korban jiwa dalam musibah ini. Tim dari Polsek Kubu, Pol Airud Polda Kalbar, dan stakeholder terkait sudah berada di lokasi untuk melakukan evakuasi terhadap 145 penumpang tersebut.

"Evakuasi dilakukan menggunakan speed boat dan sampan kato," ujarnya.

Sementara itu, KM Arif Jaya diperkirakan akan dievakuasi saat air pasang sore sekitar pukul 15.00 WIB.***

Leave a comment