Mudik Gratis Solusi Pemprov Kalbar Antisipasi Kemacetan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat, Anton Rawing memprediksi terjadi kenaikan arus mudik untuk transportasi darat sebesar 15 persen pada momentum Hari Raya Idulfitri tahun 2023 ini.

Kenaikan ini disebabkan karena kondisi Covid-19 yang mulai melandai dan dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPMK.

"Untuk angkutan darat, kita prediksi ada kenaikan sebesar 15 persen dibanding tahun sebelumnya. Ini dampak dari pencabutan PPKM," kata Anton Rawing kepada Insidepontianak.com, Kamis (13/4/2023).

Sementara itu, arus mudik lebaran diprediksi terjadi pada H-2 Idulfitri tahun 2023. Guna mengurai kemacetan pada arus mudik tahun ini, Pemprov Kalbar menyediakan mudik gratis dengan kendaraan umum. Keberangkatannya mulai dilakukan sejak H-3 Idulfitri.

"Harapannya, berpengaruh positif dalam arti berkurangnya kemacetan karena warga tidak banyak gunakan kendaraan pribadi, tapi menggunakan angkutan umum. Ini juga mengurangi potensi laka lantas dan juga upaya meringankan beban ekonomi warga akibat inflasi," terangnya.

Anton memastikan, seluruh kendaraan umum yang bakal mengangkut pemudik nanti, sudah dalam kondisi layak. Sebab, Dishub Kalbar sudah melakukan ram chek kepada sejumlah kendaraan umum. Hal tersebut dilakukan bersama BP2TD Wilayah XIV.

"Ram check sudah kita lakukan sejak Januari.  Pemeriksaan kendaraan jauh hari kita lakukan karena mengingat banyaknya kendaraan," pungkasnya. (Andi)

Leave a comment