Selamat Tinggal TV Analog, Menkominfo: Selamat Datang Era Digital Broadcasting

3 November 2022 20:23 WIB
Ilustrasi

JAKARTA, insidepontianak.com – Menonton dengan media TV Analog merupakan salah satu hiburan yang dilakukan setelah padatnya kegiatan.

Sebelum adanya perkembangan teknologi, TV Analog merupakan media menonton masyarakat yang umum digunakan.

Semenjak era digital broadcasting, TV Analog mulai tergusur. Kini masyarakat dapat dengan mudah untuk menonton TV melalui media lain seperti handphone, laptop atau perangkat lainnya.

Namun tidak jarang, beberapa masyarakat di Indonesia masih menggunakan atau menonton dengan TV Analog.

Dikutip insidepontianak.com dari website kominfo.go.id, untuk memajukan pertelevisian nasional, akan dilakukan menghentikan siaran TV Analog sebagai permulaan hal yang baru dalam sejarah dan perjalanan pertelevisian nasional Indonesia.

Baca Juga: TV Analog Segera Dimatikan, Kementerian Kominfo Beri Tambahan Anggaran

“Kepada semua sahabat, baik di lembaga pemerintah pusat dan daerah, pemilik dan pimpinan media televisi nasional, akhirnya Indonesia bisa memasuki era digital broadcasting,” ungkap Menkominfo pada siaran pers yang dirilis pada tanggal 3 November 2022.

Pemberhentian TV Analog ditujukan sebagai dukungan terhadap perkembangan ekosistem serta era baru pertelevisian nasional yaitu digital broadcasting.

Adapun pemberhentian TV Analog merupakan wujud dari amanat Undang-undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Penghentian TV Analog atau pelaksanaan Analog Switch Off (ASO) diharapkan dapat membangkitkan industri penyiaran televisi nasional.

“Untuk memajukan pertelevisian nasional kita, untuk memastikan industri ini tetap hidup berdampingan, konvergensi yang memadai seperti yang kita harapkan dengan media-media baru, yang juga bertumbuh pesat di Indonesia,” jelas Menteri Johnny.

Menteri Johnny juga mengharapkan kerjasama dari semua pihak terkait pemberhentian siaran televisi analog serta dukungan terhadap ekosistem penyiaran agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Baca Juga: Migrasi Saluran TV Analog Ke TV Digital, DPRD Bengkayang Optimis Kualitas Siaran Lebih Baik

Adapun tujuan dari digitalisasi siaran televisi dimaksudkan untuk menghadirkan variasi konten dengan tingkat kualitas yang baik.

Menkominfo juga berharap dengan pelaksanaan ASO ini, konten-konten televisi dapat memperkuat silaturahmi dan kesatuan bangsa.

Era digital broadcasting juga diharapakan dapat menyajikan kultur, nilai, dan budaya nasional agar bisa dikenal secara luas di seluruh nusantara.

 

Tags :

Leave a comment