Intip Persiapan Timnas Spanyol Menuju Piala Dunia Qatar 2022

15 November 2022 15:00 WIB
Ilustrasi

Insidepontianak.com – Mendekati hari H Piala Dunia Qatar 2022 membuat timnas Spanyol harus benar-benar memikirkan secara matang tentang strategi permainan mereka. Tim yang dijuluki La Roja ini diharapkan untuk tampil memukau.

Di bawah asuhan Luis Enrique timnas spanyol akan bertanding di Grup E melawan musuh yang tangguh-tangguh. Di pihak lawan terdapat timnas besar asal Eropa lainnya yaitu Jerman. Apabila La Roja tidak bisa menangani permainan 'Nationalelf', bisa dipastikan pendukungnya akan menangis histeris di ajang Piala Dunia Qatar 2022.

Bukan hanya Jerman saja yang akan menghalangi Spanyol untuk masuk ke babak penyisihan, tim yang bergabung di Grup E lainnya seperti Kosta Rica dan Jepang juga akan berusaha mnenendang timnas Spanyol dalam laga Piala Dunia Qatar 2022.

Baca Juga: Penyelenggaraan Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar, Biar Tekor yang Penting Tersohor

Menghadapi musuh-musuh besar di Piala Dunia Qatar 2022 membuat Luis harus berpikir dan berusaha keras membawa timnya sebagai juara. Terlebih lagi dia berhasil menghantarkan tim asuhan sebelumnya memperoleh penghargaan treble (La Liga, Copa del Rey, dan Champions League).

Mengenai prestasi yang telah dibuktikan oleh sang pelatih, salah satu pemainnya pun mengomentari terkait kepribadiannya saat melatih timnya.

"Dia ingin melihat sebuah agresi dalam permainan kita," Kata César Azpilicueta, dilansir dari The Guardians (12/11/2022).

Terkait pemain yang akan dimunculkan ketika bertanding melawan tim lainnya di Grup E, Luis tidak selalu memilih para pemain yang terkenal, namun fokus perhatiannya hanya jatuh kepada pemain yang bisa mengeksekusi taktik dengan cara kerja tim.

"Ketika saya mencari pemain untuk tim nasional, saya memilih [yang] paling baik dalam menafsirkan taktik kami.” ungkapnya, mengutip dari The Guardian (12/11/2022).

Hal ini bertujuan agar kekompakan dan kerja sama tim bisa dibangun, selain itu dampak dari hasil yang bisa menginterpretasikan taktik tim bisa membuat pertandingan lebih menegangkan.

Namun faktanya di dalam tubuh timnas mereka, terdapat banyak pemain bintang yang akan diterjunkan ke dalam lapangan. Salah satu dari mereka yaitu Pedri, meski dia masih berumur 19 tahun (nanti akan berumur genap 20 tahun ketika bertanding di Piala Dunia Qatar 2022) semangat dan gairahnya untuk membawa Spanyol masuk ke 16 besar tidak bisa diragukan lagi.

"Jika kita membicarakan talenta murni, dia adalah yang terbaik di dunia," kata Xavi, Manager club Barcelona.

Terkait alur permainan di lapangan Piala Dunia Qatar 2022, Luis menjelaskan timnya tidak akan bermain terlalu cepat dan mendalam.

Tiimnas Spanyol diupayakan bermain dengan cara membuat penonton terkesima, sedikit tarik ulur dalam keadaan bahaya, akan tetapi sebisa mungkin bola akan selalu jatuh di ujung kaki para pemainnya.

"Kami tidak ingin bermain terlalu dalam, kami selalu ingin berada di area lawan dan mengambil risiko. Di pertahanan kami ingin mengambil bola dari lawan kami secepat mungkin...," Tegasnya ketika ditanyai tentang cara bermain timnas Spanyol di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Berikut Jadwal dan tim Grup A Piala Dunia Qatar 2022, Qatar Akan Tampil Mengesankan

Selain mengenai konrol bola dan pertahanan timnas Spanyol, Luis juga menginginkan para pemain yang dilatihnya agar selalu mengikuti taktik dan arahannya, dan tanpa terlalu memikirkan tim lawan.

Sedangkan prediksi formasi timnas Spanyol ketika berlaga nanti akan membentuk formasi 4-3-3, dalam pertandingan pun bisa saja timnas Spanyol akan mengalami gonta ganti pemain.***

Tags :

Leave a comment