David Beckham Ungkap Piala Dunia Qatar 2022 Jadi Platform Toleransi, Netizen Dunia: 'What a Joke!

18 November 2022 16:06 WIB
Ilustrasi

Insidepontianak.com – Sorotan mata kini tertuju kepada mantan pemain sepak bola asal Inggris, David Beckham, setelah ia mempromosikan tentang Piala Dunia Qatar 2022.

Dalam pesan video singkat secara virtual, David Beckham berharap pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 skala Internasional akan menjadi inspirasi dunia.

David Beckham juga mengungkapkan, bahwa Piala Dunia Qatar 2022 bisa menjadi platform yang sangat berguna bagi warga dunia. Dalam pegelaran besar-besaran pesta sepak bola tersebut, diyakini akan menjadi pemersatu di antara bangsa-bangsa.

Baca Juga: Jelang Piala Dunia Qatar 2022, 100 Ribu Kaus Palsu Disita Bea cukai Hong Kong

Pria yang dikabarkan telah menerima uang sebanyak £150 M dari Qatar untuk menjadi Ambasador Piala Dunia Qatar 2022 itu, kini mendapat kritikan pedas dan dirujak habis-habisan oleh warganet. Netizen juga melontarkan kekecewaan terhadap David Beckham di akun Instagramnya.

Video David Beckham yang mengandung pesan singkat mengenai potensi Piala Dunia Qatar 2022, diputar pada acara penyambutan tamu festival kepemudaan bertajuk 'Generation Amazing', Kamis, 17 November 2022, di Doha, Qatar.

Video ini pun juga telah diunggah oleh kanal YouTube Guardian Football pada Jum'at, 18 November 2022.

"Qatar memimpikan untuk membawa Piala Dunia ketempat yang belum pernah terjadi sebelumnya, akan tetapi ini tidak akan cukup dicapai di atas lapangan...," Kata Beckham.

Mantan pemain timnas Inggris tersebut kemudian menyusuli ucapannya dengan "... lapangan hanya akan menjadi platform untuk maju, dilansir dari kanal YouTube Guardian Football (18/11/2022).

Dia juga menerangkan bahwa Piala Dunia Qatar 2022 akan menjadi wadah toleransi di dunia.

“Mimpi bisa menjadi kenyataan. Itu sebabnya kamu ada di sini. Anda berbagi hasrat kembaran Generation Amazing untuk permainan sepak bola dan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih toleran dan inklusif, " ungkapnya dengan santai dan penuh percaya diri.

Sebelumnya, ketika dia resmi menjadi Ambassador Piala Dunia Qatar 2022, banyak para fans dan netizen dari kalangan komunitas LGBTQ melayangkan kritik.

Mereka beranggapan bahwa David Beckham tidak peduli dengan isu Hak Asasi Manusia warga Gay, perempuan, dan pekerja migran di Qatar.

Dilansir dari The Guardian News, bahwa komunitas LGBTQ tidak bisa memenuhi haknya sebagai warga negara Qatar untuk menjalankan orientasi sexnya dengan bebas dan aman.

Selain terkait isu LGBTQ, warganet juga lontarkan protes tentang hak wanita Qatari yang sering dipungkas kebebasan brekspresi mereka di ruang publik. Tidak hanya itu saja, kaum perempuan juga tidak diperbolehkan bermain sepak bola.

Nasib ribuan pekerja migrant yang tewas akibat panasnya suhu Negara tersebut, ketika sedang membangun stadion-stadion untuk dipakai di acara Piala Dunia Qatar 2022, dan tidak mendapatkan upah atau kompensasi layak juga menjadi sumbu kemarahan netizen.

Namun, Beckham masih percaya bahwa Piala Dunia Qatar 2022 tetap memiliki potensi untuk meraih mimpi dimasa depan.

"Bahkan sebelum festival ini dimulai, lebih dari sejuta orang yang hidup telah saling berhubungan untuk menciptakan inspirasi secara global diantara komunitas para pelatih, pendidik, dan kaum pemimpin muda yang baru. Ini berawal sebagai mimpi. Itu sekarang milikmu. Jadi tolong terinspirasi dan sebarkan," katanya sebelum menutup pesan.

Video yang diunggah oleh kanal YouTube Guardian Footbal itu pun mendapat hujatan oleh netizen.

Baca Juga: Messi dan Timnas Argentina di Piala Dunia Qatar 2022: Akankah Bisa Mengulang Kejayaan Diego Maradona?

"I can't believe he would put himself in that position and say that trash when the whole things was rigged and paid for, " Bila diterjemahkan akan menjadi "Saya tidak percaya dia akan berada di posisi seperti itu dan mengatakan sampah ketika semuanya telah ditipu dan dibayar, " Tulis akun Olando Anonimo.

Terdapat juga akun-akun pengguna lain seperti Guaguanco11, Daniel Messi10, TeddyPicker191 menulis "what a joke!" Mereka menyindir pesan inspirasi David Beckham tentang Piala Dunia Qatar 2022, seakan sedang tampil di acara komedi.

Sedangkan unggahan David Beckham dengan caption 'Football.. or soccer' yang diunggah pada Kamis, 17 November 2022, juga dibanjiri hujatan netizen dunia.

"A shame... Making money for country like Qatar when human rights do not mean anything," Terjemahan indonesianya adalah "Betapa memalukannya... Menghasilkan uang untuk Negara seperti Qatar ketika HAM tidak berarti apapun," Tulis @mr_sueno.

Ada juga yang bermain satire kepada Beckham di akun Instagramnya

"Estas orgulloso de ser la imagen como Qatar?? El dinero vale más que humillación de las personas? No te digo lo que me pareces por que me daría vergüenza ajena, No es No, pero para saber eso hay que ser empatico y humano," tulis akun @marpa1959.

Terjemahan Indonesianya akan tampak demikian "Apakah kamu bangga menjadi citra seperti Qatar? Uang lebih berharga daripada penghinaan orang? Saya tidak memberi tahu kamu apa yang kamu pikirkan karena saya akan malu pada orang lain, itu bukan Tidak, tetapi untuk mengetahui bahwa kamu harus menjadi berempati dan manusiawi,” katanya dengan nada kecewa. ***

Tags :

Leave a comment