Polres Metro Tangerang Bongkar Curang Niaga Bahan Bakar Gas Elpiji, Tangkap Lima Pelaku  Pengoplo Gas

24 November 2022 19:03 WIB
Ilustrasi

 

PONTIANAK, insidepontianak.com – Polres Metro Tangerang Kota berhasil mengungkap praktek curang niaga bahan bakar gas elpiji subsidi ke nonsubsidi rumahan di kawasan Kampung Melayu Timur, Gang Pelor, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang. Dari hasil pengungkapan itu, polisi mengamankan lima orang pelaku pengoplosan gas elpiji.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan kelima pelaku yang ditangkap dalam penggerebekan kasus tersebut di antaranya berinisial K, MY, H, MT, dan AM.

"Kita berhasil mengungkap praktek curang niaga bahan bakar gas elpiji. Mereka terdiri dari pemilik atau otak pelaku, kuli angkut sampai sopir yang mengantarkan tabung-tabung untuk dijual kembali," ujar Zain Dwi Nugroho kepada wartawan, Rabu (23/11/2022).

Zain menjelaskan, praktek pengoplosan gas elipiji ini telah berlangsung selama empat bulan. Mereka memindahkan isi tabung gas dengan belajar otodidak melalui media YouTube.

Baca Juga: Polda Metro Jaya dan Relawan Kirim Bantuan Logistik untuk Korban Gempa Cianjur

"Para pelaku memindahkan isi tabung gas 3 kilogram ke dalam tabung gas 12 kilogram dan sudah berjalan selama empat bulan. Modus operandi pemindahan isi tabung gas elpiji itu, para pelaku mengaku belajar dari YouTube dan otodidak," tuturnya.

"Selama empat bulan beroperasi, mereka sudah meraup untung sebesar Rp200 juta," sambungnya.

Dia menambahkan, polisi juga menyita sebanyak 135 tabung kosong 3 kilogram, 97 tabung ukuran 12 kg isi dan 10 tabung kosong. Kemudian, 18 tabung ukuran 3 kg yang masih isi serta tiga selang regulator dan mobil bak terbuka untuk mengantar gas.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat Pasal 40 angka 9 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja atas perubahan ketentuan Pasal 55 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi.

"Terancam hukuman penjara selama enam tahun," pungkasnya.

Baca Juga: AMSI dan Huawei Tandatangani Nota Kesepahaman, Sinergi Tingkatkan Kecakapan Digital Media Siber di Indonesia

 

 

 

 

Tags :

Leave a comment