Fix Timnas Kroasia Melaju Babak Semifinal Piala Dunia 2022 Qatar Usai Kalahkan Brasil di Babak Penalti

10 Desember 2022 07:51 WIB
Ilustrasi

Insidepontianak.com – Pertandingan antara timnas Brasil dan Kroasia berlangsung sengit. Kedua tim saling menyerang di fase perempat final Piala Dunia 2022 Qatar. Sayangnya, Neymar Cs harus angkat kaki lebih awal.

Momentum sejarah timnas Kroasia itu terjadi pada Jum'at, 9 November 2022. Tim berjuluk 'Vatreni' ini mampu bertahan hadapi gempuran Neymar Cs. Akhirnya, Brasil dipaksa angkat koper di Piala Dunia 2022 Qatar.

Pertandingan alot tersebut berlangsung di Education City Stadium. Dipantau dari jalannya pertandingan, timnas Kroasia hampir terseok-seok menghadapi timnas Neymar. Meski begitu, mereka berhasil meraih kemenangan atas Brasil di Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga: Keseruan dan Fakta Menarik Brazil vs Kroasia Piala Dunia Qatar 2022, Zlatko Dalic: Tak Ada Ruang Untuk Neymar

Hasil imbang hingga babak akhir memaksa pertandingan yang berdurasi 120 menit itu melaju hingga babak penalti. 

Ulasan pertandingan:

Pada babak pertama, Brasil langsung mencoba mengurung timnas Kroasia. Sesuai prediksi, anak buah Tite ini sangat handal dalam mengontrol si kulit bundar. Namun hingga 10 menit pertama, tidak ada percobaan gol sukses.

Di sisi lawan, pihak pemain Kroasia lebih memakai taktik pasif namun defensif. Stratehi ini mampu mebuat timnas Brasil kerepotan untuk menjebol pertahanan merela. 20 menit berlalu, namun masih tidak ada skor tercipta dari kedua pihak.

Berlangsung di menit ke-30, Brasil tetap berupaya membuat anak didik Zlatco Dallik kebingungan. Saat itu, peta tersebarnya bola di kandang Selecao lebih dominan di sisi kiri.

Bola yang lalu lalang di posis Vinicius Junior ini mengacuhkan posisi lain Brasil. Bahkan di bagian sayap kanan, Rapinha hampir tak tampak menguasai si bundar.

Meski digruduk habis-habisan, pertahanan Kroasia tidak pernah sedikitpun bergetar. Tim berjuluk Vatreni terlihat sesekali melakukan serangan balik, sayangnya balas dendam yang dilakukan oleh anak buah Dellik jauh dari kata ancaman.

Hingga memasuki menit ke-40, skor tidak pernah bergeser angka. Brasil 0-0 Kroasia harus keluar lapangan menuju ke ruang ganti.

Babak kedua dimulai, Brasil terus meningkatkan serangan ke kandang Kroasia. Melihat pertahanan mereka digempur, tim Vatreni lebih memilih mengisolasi diri dengan segenap upaya pertahanan rapat.

Di menit ke-47, Vatreni hampir saja kebobolan. Hal itu terjadi bukan karena tembakan bola dari pemain Brasil, akan tetapi Gvardiol hampir melakukan gol bunuh diri.

Meski terus mendominasi permainan, Brasil tetap tidak mampu mencetak satu skor pun untuk timnasnya. Akhirnya di pertengahan babak kedua, Tite mengatur ulang beberapa strategi dengan mengganti beberapa pemain.

Berlanjut di menit ke-70, pertahanan Kroasia hampir saja goyah. Mereka mulai kelelahan meladeni cara main timnas Brasil. Walau sudah kendor, Selecao tetap tidak bisa mencetak gol.

Sesekali menyerang dan memilih untuk mengetatkan pertahanan, terus dilakukan oleh Kroasia. Rupanya strategi demikian cukup jitu, hingga 90 menit berakhir skor masih tetap Brasil 0-0 Kroasia.

Berpindah pada babak tambahan, akhirnya timnas Selecao berhasil memecah kebuntuan. Pertarungan alot itu mampu dicairkan oleh lakon sang bintang, Neymar di menit ke-105.

Melalui serangan kombinasi dari Paqueta di dalam kotak kutukan, Neymar langsung menyambar bola dan melewati Livakovic. Sejurus kemudian gol! Skor sementara berpihak pada Brasil 1-0 Kroasia.

Melihat tembok Vatreni runtuh, mereka berniat menyerang balik. Harapan untuk menyamakan kedudukan terjadi tanpa waktu lama.

Bola yang dibawa oleh Orsic dari sisi kiri rupanya disambut oleh Petkovic di dalam kotak penalti. Seketika gol! Skor berhasil imbang di menit ke-117 Brasil 1-1 Kroasia. Hingga babak tambahan selesai, keduanya tidak berhasil menambah skor.

Rasanya tidak mungkin bagi kedua tim maju bersamaan di fase semifinal Piala Dunia 2022 Qatar. Akhirnya babak penalti digelar untuk memilih sang juara, di momen ini barulah terjadi keajaiban bagi Kroasia.

Baca Juga: Polri Kerahkan Ribuan Personel Bersihkan Puing-puing Pasca Gempa Cianjur

Mereka berhasil pecundangi timnas Selecao di babak penalti, empat sepakan dari anak didik Dallik sukses membobol gawang tim Neymar. Akhirnya penalti dimenangi oleh Kroasia 4-2 Brasil.

Dengan kemenangan di babak perempat final, timnas Kroasia termasuk tim pertama yang lolos ke fase semifinal Piala Dunia 2022 nanti. Sedangkan Brasil harus pulang terlebih dahulu ke benua Amerika Selatan. ***

Tags :

Leave a comment