Polres Bengkayang Kerahkan 120 Personel untuk Pengamanan Natal

17 Desember 2022 19:06 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kapolres Bengkayang Kalimantan Barat AKBP Bayu Suseno mengatakan pihaknya mengerahkan 120 personel untuk pengamanan perayaan Natal sekaligus menyambut Tahun Baru 2023.

"Dalam rangka pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Polres Bengkayang menurunkan 120 personel. Kemudian kami juga membuka dua pos pengamanan yakni di Taman Bacaan Kabupaten Bengkayang dan Terminal Sungai Duri," ujarnya saat dihubungi di Bengkayang, Sabtu (17/12/2022).

Ia menjelaskan bahwa untuk pengamanan Natal, pihaknya telah mengikuti dan mendapat arahan saat Rakor Lintas Sektoral Tingkat Menteri dalam rangka Pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 melalui zoom meeting.

"Persiapan pengamanan Natal telah dilakukan dan kami juga telah berkoordinasi dengan berbagai pihak. Sementara untuk pos pelayanan juga ada di dua lokasi di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, yakni di Pantai Kura-kura dan Pantai Samudra Indah," jelas dia.

Baca Juga: Kemenaker Minta Polri Usut Sindikat Pengiriman PMI Ilegal

Terkait Rakor lintas sektoral menurutnya, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo membahas persiapan apa saja dalam menghadapi Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Menurut Kapolri, kekuatan Polri untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru sebanyak 102.000 personel dibantu 32.000 personel gabungan dari TNI dan instansi terkait. Dalam pengamanan ini pada dasarnya Polri bersama dengan lembaga terkait siap mengantisipasi dengan baik hal-hal yang bakal terjadi, seperti kelancaran arus lalu lintas, keamanan saat ibadah, dan kenyamanan di tempat wisata," jelas dia.

Ia menambahkan, bahwa Kapolri Sigit dalam rapat tersebut menyampaikan berdasarkan prediksi pemerintah ada sekitar 71 juta orang yang memanfaatkan cuti Natal dan Tahun Baru, tersebar di seluruh provinsi, seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

"Selain itu, kata Kapolri, Polri juga telah memetakan lokasi-lokasi yang menjadi prioritas dan fokus pengamanan, seperti tempat ibadah, objek wisata dan jalur-jalur mobilitas masyarakat. Sudah dipetakan ada 508 titik yang harus diamankan. Kami mohon dukungan dari seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengamankan perayaan Natal dan tahun baru agar semuanya berjalan lancar, aman, dan kondusif," ungkapnya sebagaimana pesan Kapolri.  

Baca Juga: Pemkab Bengkayang Terima 3 Motor Armada Pengangkut Sampah dari Bank Kalbar

Tags :

Leave a comment