Dewan Kalbar Irsan Ingatkan Pemprov agar Bentuk Tim Terpadu untuk Maksimalkan PAD

19 Desember 2022 22:48 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Untuk mengoptimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemprov Kalbar diharapkan membentuk Tim Terpadu Intensifikasi Pajak Daerah. Terutama untuk memungut Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

“Melalui kerjasama bantuan personel untuk razia kendaraan bermotor dan mendukung pendataan dan penagihan PAP (Pajak Air Permukaan),” kata Irsan, Anggota DPRD Kalbar belum lama ini.

Baca Juga: Dewan Kalbar Heri Mustamin Minta Pemkot Pontianak Maksimalkan Tata Kelola Parkir

Legislator Kalbar dari Fraksi Partai Keadilan Bangsa (PKB) ini mengatakan, selain PKB dan PAP, optimalisasi pajak lainnya juga sangat diharapkan.

Pajak yang dimaksudkan Irsan tersebut, di antaranya Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), dan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB).

Baca Juga: Dewan Kalbar Ardiansyah Apresiasi Pemkot Pontianak Tangani Kasus DBD

Termasuk pula Pajak Rokok. “Sektor-sektor ini sangat diharapkan peningkatan realisasinya dari target yang telah ditetapkan,” ucap Irsan.

Oleh karenanya, jelas Irsan, diperlukan kerjasama Pemprov Kalbar dengan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam bentuk Tim Terpadu Intensifikasi Pajak Daerah.

Baca Juga: DPRD Kalbar Dukung Target Pemprov Kalbar Jadikan 80 Persen Jalan Mantap

Irsan menuturkan, hal ini penting dilakukan mengingat pajak daerah Kalbar masih belom optimal.

Di situasi sekarang ini memang butuh kerja keras, di tengah pademi pastinya akan banyak kesulitan untuk memankaimalkan potensi pajak daerah, " ucapnya. ***

Tags :

Leave a comment