Sambut Peresmian PLBN Jagoi Babang, Masyarakat Perbatasan Diminta Agar siapkan Mental dan Psikologis

13 Januari 2023 15:05 WIB
Ilustrasi

BENGKAYANG, Insidepontianak.com - Ketua Dewan Adat Dayak Kecamatan Jagoi Babang, Kasminto mengimbau masyarakat perbatasan khususnya di wilayah Jagoi Babang untuk dapat mempersiapkan kesiapan mental dan psikologis pra peresmian PLBN Jagoi Babang dilakukan.

Baca Juga: Polemik Penunjukan Pj Wali Kota Singkawang Berlanjut, Digugat ke PTUN

Pasalnya, ia menilai, kedepan pasca peresmian PLBN Jagoi Babang, daerah tersebut akan sah menjadi wilayah perbatasan yang defenitif. Untuk itu, hal tersebut perlu perhatikan bersama.

"Jangan nanti ada investor dari luar datang, tetapi mental masyarakat belum siap, sehingga tak mampu bersaing dengan orang luar,"tegas Kasminto ketika memberikan sambutan FGD di Aula Kantor Camat. Jumat (13/1/2023).

Ketua DAD itu pun, menambahkan, ketika PLBN sudah berdiri dan berjalan, maka akan ada aturan-aturan dan Undang-Undang yang mengatur, mengikat setiap warga Indonesia di wilayah tersebut.

Jika masyarakat Kecamatan Jagoi Babang sendiri sudah siap mental dan psikolgisnya, mereka tidak akan kaget dengan adanya aturan-aturan tersebut, yang otomatis akan berpengaruh kepada kebiasaan sehari-sehari mereka.

"Warga masyarakat yang ada di wilayah perbatasan Jagoi Babang ini, yang dulunya bisa dilakukan mungkin setelah diresmikannya PLBN ada kebiasaan-kebiasaan yang sudah tidak bisa lagi di lakukan,"tambahnya.

Karenanya, Kasminto tak ingin nantinya bakal timbul kecemburuan sosial di kalangan masyarakat. Sehingga terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Untuk itu, mental dan psikologis masyarakat mesti dibangun sejak kini.

Sebagaimana diketahui, peresmian PLBN Jagoi Babang dijadwalkan digelar pada pertengahan Februari mendatang, yang direncanakan langsung diresmikan oleh Presiden Jokowi. ***

Tags :

Leave a comment