Resep Sehat Lebaran: Berikut 3 Minuman yang Bisa Jaga Imun Tubuh hingga Anti Inflamasi

12 April 2024 07:52 WIB
minuman sehat/masakapahariini.com

PONTIANAK, insidepontianak.com - Lgai banyaknya makan makanan berminyak dan bersantai di momen Idul Fitri? berikut mimin siapkan resep sehat lebaran untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Di momen lebaran iniw ajib bagi kita menjaga kesehtaan, terutama setelah tubuh lama berpuasa dan kemudian diisi dengan makanan penuh santan, karbohidrat tinggi hingga penuh dengan gula. 

Berikut tiga resep sehat lebaran, yaitu minuman mengandung anti inflamasi dan bisa menguatkan imun tubuh saat hari kemangana ini. 

Mimin jamin, tubuh kamu akan semakin bugar dan sehat setelah banyak mengkonsumsi makanan penuh lemak dan karbohidrat tinggi. Yuk simak resep sehat lebaran yang wajib kamu catat. 

Artikel ini dikutip insidepontianak.com dari masakapahariini.com.

1. Wedang Jahe

Sudah bukan kabar baru jika jahe sering digunakan untuk menangkal beragam keluhan, seperti masuk angin hingga rematik. Sementara kunyit mengandung kurkumin yang juga bisa membantu tubuh melawan bakteri jahat. 

Racikan jahe dan kunyit sudah lama dipercaya sebagai racikan obat herbal dari nenek moyang dan dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Cara membuat minuman sehat ini sebenarnya sederhana.

Berikut adalah resepnya!

Bahan:
1 kantung teh celup SariWangi Teh Hitam Jahe & Kunyit
1 batang serai, memarkan
2 sdm madu (atau lebih, jika ingin lebih manis)
300 ml air

Cara Membuat:

Didihkan air bersama serai hingga meresap dan harum. Angkat.
Seduh bersama SariWangi Teh Hitam Jahe & Kunyit selama 3 menit.
Sajikan hangat.

Di lain kesempatan, kamu juga bisa mencoba resep teh herbal kunyit madu. Resep ini menggunakan SariWangi Teh Hitam Jahe & Kunyit yang berasal dari teh hitam berkualitas yang berpadu sempurna dengan jahe dan kunyit.

Teh hitam akan membantu segarkan tubuh dan pikiran. Sementara itu, jahe memberikan rasa hangat yang menyegarkan dan serta kunyit yang telah digunakan turun temurun untuk menjaga keluarga Indonesia.

2. Teh Lemon Madu

Selain jahe, lemon juga punya berfungsi sebagai anti inflamasi. Kandungan vitamin C pada lemon dipercaya dapat memperkuat sistem imun tubuh. Lemon juga mengandung saponin yang berfungsi melawan mikroba.

Memadukan lemon dan madu tak hanya berfungsi membuat rasanya lebih enak. Madu berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur. Berikut adalah cara mudah membuat racikan minuman sehat dari madu dan lemon.

Bahan:
250 ml air hangat
1 sdm perasan lemon
1 kantung teh hijau
1 sdm madu (atau lebih jika ingin lebih manis)

Cara Membuat:

Siapkan gelas berisi air hangat. Masukkan teh hijau.
Tuangkan perasan lemon dan madu, aduk hingga tercampur rata.
Minum selagi hangat.

3. Green Smoothie

Untukmu penyuka smoothie, kamu bisa membuat jus sayur yang terdiri dari bayam dan nanas. Bayam mengandung klorofil yang dipercaya dapat mencegah kanker. Vitamin K pada bayam juga dapat menguatkan tulang.

Nanas juga mengandung anti inflamasi, enzim, vitamin, dan mineral yang mendukung kekebalan tubuh.

Dalam riset yang dikeluarkan International Journal of Experimental and Clinical Pathophysiology and Drug Research di Jerman tahun 2004, anak kecil yang punya penyakit sinus berkurang gejalanya setelah mengonsumsi bromalin secara tertarur. Kandungan bromalin ini juga ditemukan pada nanas.

Rasa manis dari nanas juga menetralisir rasa bayam yang cenderung pahit ketika dijus. Berikut cara membuat minuman sehat untukmu.

Bahan:
1 ikat bayam, petiki daunnya
400 g nanas (lebih enak jka dipotong dan disimpan dalam freezer terlebih dahulu)
2 cm jahe
200 ml Buavita Orange
1/2 sdt chia seed

Cara Membuat:

Masukkan bayam, nanas, jahe, dan Buavita Orange ke dalam blender.
Lumatkan semua bahan.
Tuangkan ke dalam gelas. Tambahkan es batu agar lebih segar.
Taburkan chia seed di atasnya.
KV buavita orange

Penggunaan Buavita Orange dalam resep ini adalah salah satu cara mudah memenuhi asupan vitamin C. Dibuat dari buah jeruk pilihan, kandungan lainnya seperti vitamin A, B1, B2, B3, dan B6 dari jus ini akan membantu tubuh tetap segar sepanjang hari.

Mudah bukan, dengan tiga resep sehat lebaran ini tubuh kamu akan semakin enteng saat beraktivitas. Selamat mencoba. (REDAKSI)

Leave a comment