Riam Sunge Banongk, Pesona Wisata Alam di Perbatasan Aruk Sambas

9 April 2024 10:46 WIB
Riam Banongk, pesona wisata alam di perbatasan Aruk Sambas. (Insidepontianak.com/Antonia Sentia)

SAMBAS, insidepontianak.com - Saat berkunjung ke perbatasan Aruk-Malaysia, tak sah rasanya jika tidak berkunjung ke tempat wisata alam yang ada di Sajingan Besar, salah satunya adalah Riam Sunge Banongk.

Riam Sunge Banongk adalah wisata pemandian yang biasanya digunakan warga lokal, aliran sungai membentuk seperti kolam yang mengalir.

Saat tiba di lokasi, percikan air terdengar jelas, batu-batu tersusun secara rapi seperti membentuk jembatan yang memberikan celah bagi air untuk mengalir.

Selain biasa digunakan untuk mandi, di sana juga terdapat beberapa pondok warung warga yang biasanya buka saat liburan, juga menyediakan WC untuk ganti baju.

Berada di bawah kaki bukit, membuat air yang mengalir sangat dingin dan menyegarkan.

Suasananya masih sangat asri, di sana kamu bisa menikmati pemandangan alam dan juga bisa melihat matahari terbenam dengan indah.

Jika ingin berkunjung ke sini, kamu bisa mengunakan kendaraan roda empat dan roda dua, dari kota Sambas hanya berkisar 1-2 jam perjalanan saja, jika dari perbatasan Aruk hanya 20-30 menit saja.

Akses masuknya gratis di hari biasa, jika saat liburan tiba hanya dikenakan Rp5 ribu saja, untuk kendaraan roda dua dan 10 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat.

Jadi jangan lewatkan tempat wisata ini jika kamu berkunjung ke Sajingan Besar ya! (Nia)***

Leave a comment