Resep Ramadhan Hari Ini: Mau Buat Hidangan si Kecil? Yuk Buat Lasagna Creamy Super Mantap

26 Maret 2024 09:46 WIB
Lasagna Creamy/Cookpad

PONTIANAK, insidepontianak.com - Mau membahagiakan keluarga tercinta dengan mamasak enak tak harus mahal, seperti resep Ramadhan hari ini. Namanya lasagna creamy.

Membuat lasagna creamy tak sulit bunda, hanya butuh beberapa bahan dan bunda di rumah bisa membuatnya dengan versi ekonomisnya. 

Lasagna adalah kuliner khas Italia yang cukup terkenal di sejumlah restoran Italia, biasanya hidangan ini jadi kudapan ringan keluarga dan kerabat.. 

Berikut resep lasagna creamy enak yang simple dikutip dari Cookpad. 


Bahan-bahan

1 jam

6 lembar Pasta Lasagna (La Fonte) 

Saus merah (Saus Pasta_Bolognese)

Saus putih (Saus Bechamel)


BAHAN TOPING DAN TABURAN :

Secukupnya Keju Cheddar parut

Secukupnya Keju Quick Melt (Mozarella)

Secukupnya Oregano

Irisan Tomat sebagai garnish (optional)


Cara Membuat

1

Siapkan bahan-bahan.

2

Untuk saos merah siapkan

Untuk saos putih siapkan

4

UNTUK PASTA LASAGNA 

Rebus lembaran pasta lasagna secara ala dente (mentah tidak, terlalu lembek juga tidak) supaya lembaran pasta tidak patah-patah. 

Lebih baik cenderung agak kurang matang daripada kelembekan, karena nantinya akan dipanggang dalam suhu tinggi beberapa menit yang pastinya akan lebih melunakkan.  


TIPS MEREBUS PASTA LASAGNA 

5

SUSUNAN LAYER LASAGNA : Mulai dari saus merah tipis-tipis merata pada permukaan pinggan anti panas. Lalu disusul cheese cream (optional), atau dengan saus bechamel yang juga tipis-tipis. 

Ini dilakukan agar nantinya dasar lasagna tetap creamy sampai lapisan terbawah.

6

Tutup dengan lembar pasta lasagna. Siram dengan saus merah merata. Lalu tutup dengan saus putih secara merata. Optional bisa ditambah lagi dengan parutan keju cheddar atau mozarela (Setelah itu tutup dengan lembaran lasagna kembali)

7

Dilakukan secara berulang dengan urutan tersebut, sampai lembar lasagna habis sesuai wadah. Akhiri dengan lapisan paling atas adalah saus putih. Tutup saus putih dengan irisan keju leleh (mozarella) secara merata. 

8

Lalu beri taburan keju cheddar parut secara merata di permukaan. Tabur oregano. Beri garnish irisan lingkaran tomat tipis-tipis yang sudah dibuang bijinya ==> optional

9

Masukkan ke dalam oven dengan suhu panas sekitar 180°C atau sesuaikan dengan kebiasaan oven masing-masing. Waktu sekitar 30-45 menit atau bisa dilihat dari lelehan permukaan keju quick melt / mozarella yang akan berubah warna kuning kecoklatan.

10

Jika penampakan toping saus putih sudah terlihat meleleh kuning kecoklatan mengering, atau garnish tomat sudah juga mulai mengering, keluarkan dari oven. 

Yummy creamy lasagna siap disajikan, saking enaknya si kecil dan pak su nambah terus. Selamat mencoba. (REDAKSI) 


Leave a comment