Banjir Sanggau Rendam 1.866 Rumah Warga di Tiga Kecamatan

23 Mei 2024 18:57 WIB
Tinggi banjir di Desa Sosok, Kecamatan Tayan Hulu, Kabupaten Sanggau, setinggi lutut betis orang dewasa. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Banjir bandang melanda tiga kecamatan dan 14 desa di Kabupaten Sanggau, sejak Rabu hingga Kamis (22/5/2024).

Adapun banjir itu melnda wilayah Kecamatau Balai, Kecamatan Tayan Hulu, dan Kecamatan Entikong.

Banjir disebabkan karena intensitas hujan tinggi dalam dua hari terakhir. BPBD Kalbar mencatat, banjir kali ini menyebabkan 1.866 rumah warga terendam.

Satgas Ketua Satgas Informasi BPBD Kalbar, Daniel memaparkan, berdasarkan patauannya di lapangan, ketinggian banjir di 3 kecamatan itu berkisar 30 cm sampai 50 cm.

"Dari jumlah ini ada 1.866 KK, dan 3.777 jiwa terdampak," terangnya.

Daniel mengatakan, sejauh ini, warga yang terdampak banjir itu, sebagian besar masih bertahan di rumahnya masing-masing.

"Namun, ada juga yang memilih mengungsi ke tempat keluarga terdekat," pungkasnya.

Pemerintah Kabupaten Sanggau sendiri, sudah mulai menyalurkan bantuan banjir untuk awarga yang terdampak. Pj Bupati Sanggau, Suherman memastikan, bantuan banjir akan terus diberikan sesuai kebutuhan mayarakat.

Ia mengimbau masyarakat yang terdampak banjir terus waspada, karena hujan diperkirakan masih akan terus terjadi dalam beberapa hari ke depan.

“Segera sampaikan kepada kami apabila ada kebutuhan atau kondisi yang membutuhkan pertolongan,” pesan Suherman usai tinjau banjir di Desa Sosok.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : -

Leave a comment