Banjir Rendam 8 Dusun di Desa Sosok Sanggau, 579 KK Terdampak

23 Mei 2024 18:33 WIB
Pj Bupati Kabupaten Sanggau, Suherman meninjau sekaligus memberikan bantuan kepada warga Desa Sosok Kecamatan Tayan Hulu yang terdampak banjir, Kamis (23/5/2024) siang. (Istimewa)

SANGGAU, insdepontianak.com – Banjir melanda delapan dusun di Desa Sosok, Kecamatan Tayan Hulu, Kabupaten Sanggau, Kamis (23/5/2024).

Bencana itu disebabkan oleh curah hujan tinggi, sehingga sungai kapuas meluap. Akibatnya, 579 KK di desa itu terdampak banjir.

Pj Bupati Sanggau, Suherman pun turun langsung menijau kondisi banjir di Desa Sosok. Ia sakaligus menyalurkan bantuan sembako.

"Kita hari ini membawa bantuan berupa beras, mie instan dan makanan cepat saji,” ucapnya.

Suherman memastikan, bantuan banjir akan terus disalurkan Pemerintah Kabupaten Sanggau kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Tentunya ini akan terus berkembang kita saluran sesuai dengan kebutuhan," ujar Suherman.

Ia pun menegaskan, BPBD akan siaga memantau kondisi banjir ini. Sehingga, jika ada yang perlu dievakuasi, bisa segera dilakukan.

“Pemerintah kecamatan dan BPBD akan siaga di posko kecamatan untuk memantau kondisi warga," ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Sanggau juga telah menyiapkan tempat pengungsian yang berada di kantor Desa Sosok dan kantor camat Tayan Hulu, yang dilengkapi dengan dapur darurat.

"Apabila memerlukan tempat sementara untuk tinggal, itu ada di kantor desa dan camat sudah kita siapkan," ujarnya.

Suherman mengimbau warga yang terdampak banjir untuk tetap waspada dan selalu berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa, kecamatan dan BPBD.

"Segera sampaikan kepada kami apabila ada kebutuhan atau kondisi yang membutuhkan pertolongan," pesannya.***


Penulis : Anshori
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment