Gelaran Festival P5 Sanggau Diisi Kreativitas Siswa

7 Mei 2024 16:39 WIB
Salah satu stand yang memamerkan hasil karya siswa di Festival P5 Tingkat SMP Kabupaten Sanggau.(Insidepontianak.com)

SANGGAU, insidepontianak.com -- Festival gelar karya projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) kurikulum merdeka jenjang SMP tingkat Kabupaten Sanggau digelar meriah. 

Suasana Festival P5 dilakukan di Aula Hotel Harvey Sanggau, penuh dengan karya kreativitas siswa.

Resmi dibuka pada Senin 6 Mei 2024, kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau itu berlangsung dua hari hingga 8 Mei 2024.

Peserta kegiatan berasal dari 9 subrayon SMP di Kabupaten Sanggau. Masing-masing subrayon menaungi SMP-SMP dari beberapa Kecamatan terdekat. 

Dalam kegiatan ini setiap subrayon mengirimkan peserta dengan rincian 3 orang pendamping yang merupakan kepala sekolah atau guru dan 12 orang siswa sebagai peserta.

Plt Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau, Robertus Sunohadi mengatakan, Festival P5 jadi salah satu sarana untuk mencapai tujuan tercapainya profil pelajar Pancasila. Dimana puncak P5 sendiri ajalah gelar karya siswa.

"Dalam gelar karya siswa diberikan kesempatan untuk menampilkan ide maupun inovasi yang telah di kembangkan,"katanya.

Selama dua hari, Para siswa/i dari berbagai SMP se-Kabupaten Sanggau itu saling unjuk bakat masing-masing baik secara individu maupun beregu, dalam nuansa kompetisi. Mulai dari seni tari, puisi, musik dan vokal.

Selain itu, para siswa/i juga disiapkan stand pameran. Di dalam stand, mereka memamerkan berbagai hasil karya mulai dari hasil kejarinan tangan dari sampah daur ulang, rotan, kayu hingga bambu dan ada juga berbagai produk UMKM berupa olahan pangan.

"Gelar karya akan memfasilitasi siswa untuk memperlihatkan projek yang dibuatnya," ujar Robertus Sunohadi. 

Kata Robertus Sunohadi, tujuan festival P5 sendiri ialah memberi ruang dan waktu untuk siswa, guru, kepala satuan pendidikan, dan satuan pendidikan.

"Dalam mempraktekkan dan mengamalkan karakter dan produk pelajar Pancasila," tutupnya. (Ans)


Penulis : Anshar
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment