Disnakertrans Kalbar Galakkan Pelatihan Tenaga Kerja yang Dibutuhkan Pasar

6 Mei 2024 11:58 WIB
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalbar, Hermanus. (Insidepontianak.com/Greg)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalbar, Hermanus mencatat, ada beberapa pekerjaan yang masih dibutuhkan pasar saat ini. Di antaranya, teknisi perakitan komputer hingga otomotif.

Karena itu, dua bidang pekerjaan ini menjadi sasaran pembinaan UPT Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja atau PKPTK Disnakertrans Kalbar. Ada banyak calon pekerja andal yang sudah lulus dari proses pembinaan di UPT PKPTK tersebut.

Hermanus mengatakan, kebutuhan pasar SDM tenaga kerja terus berkembang. Namun, ia mencatat kebutuhan tenaga perakit komputer masih sangat relevan. Sebab, era digitalisasi, sangat identik dengan komputerisasi.

Di samping itu, ada juga jurusan otomotif juga terus berkembang. Dari semula kendaraan masih bergantung ke bahan bakar minyak, hingga sekarang hadirnya kendaraan listrik.

"Tentu dua pelatihan ini masih sangat relevan," katanya.

Ia pun menegaskan, pemerintah terus melihat peluang pasar untuk menyiapkan tenaga kerja yang terampil dan dibutuhkan pasar.

"Kita terus berupaya menyiapkan calon tenaga kerja agar siap kerja. Mereka harus memiliki keahlian dan keterampilan," tuturnya.

Ke depan Hermanus menyebut, masih banyak pelatihan yang akan digelar untuk menjawab tantangan zaman.

"Karenanya, kita akan menggelar kegiatan pelatihan lain yang dibutuhkan pasar, dalam rangka menjawab tantangan zaman,"pungkasnya. (Andi)***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : -

Leave a comment