128 Pencari Kerja Ikuti Pelatihan Kompetensi di UPT-PPTK Disnakertrans Kalbar

2 Mei 2024 13:57 WIB
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalbar, Hermanus. (Insidepontianak.com/Greg)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Sebanyak 128 pencari kerja mengikuti pelatihan kompetensi di UPT Pusat Kegiatan Pelatihan Tenaga Kerja (PKPTK), Kalbar.

Pelatihan ini digelar oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Disnakertrans Kalbar. Sudah masuk tahap kedua, dan telah berlangsung selama 33 hari, sejak tanggal 22 April 2024 hingga saat ini.

Kepala Disnakertrans Kalbar, Hermanus mengatakan, pelatihan Kompetensi ini, merupakan salah satu upaya pemerintah menyiapkan calon-calon tenaga kerja unggul.

“Terdapat 13 paket pelatihan berbasi kompetensi. Kegiatan pelatihan ini dibiayai menggunakan dana APBN, yang digelar secara berkala,” kata Hermanus, Kamis (2/5/2024).

Di samping itu, Disnakertrans Kalbar juga program rutin dalam peningkatan keterampilan calon pencari kerja, yang dibiayai menggunakan APBD.

“Kurang lebih ada lima jenis pelatihan nanti yang kita akan laksanakan,” ucapnya.

Ia berharap, dengan digelarnya pelatihan-pelatihan kerja, maka peluang para pencari kerja dapat memperoleh pekerjaan bisa libih mudah sesuai keahliannya.

“Kita harapkan dengan adanya pelatihan ini, mereka bisa bekerja dan mengurangi angka pengangguran di Kalbar,” harapnya.

Kepala UPT-PKPTK Kalbar, Paskalis menambahkan, pelatihan yang diberikan kepada peserta sesui dengan standar tiga pilar pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Tiga pilar itu, antara lain standar kompetensi kerja nasional Indonesia atau SKKNI, pelatihan berbasis kompetensi dan sertifikasi kompetensi.

“Saya harap, pelatihan tenaga kerja ini dapat berlangsung dengan efesien dan efektif,” pungkasnya. (Greg)***


Penulis : Greg
Editor : -

Leave a comment