Bupati Satono Siap Tindaklanjuti 9 Rekomendasi DPRD terhadap LKPJ 2023, Penting untuk Sambas Berkemajuan

30 April 2024 10:05 WIB
Bupati Sambas Satono menerima dokumen rekomendasi dari DPRD Sambas terhadap LKPJ Bupati tahun anggaran 2023, Senin (29/4/2024).

SAMBAS, insidepontianak.com – DPRD Kabupaten Sambas menyampaikan sembilan poin rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Satono tahun anggaran 2023.

Penyampaian rekomendasi itu dibacakan dalam forum rapat paripurna yang digelar DPRD Kabupaten Sambas, pada Senin (29/4/2024). Berikut rekomendasinya:

Pertama, Pemerintah Kabupaten Sambas diminta inovatif dan kreatif menggali sumber PAD. Selanjutnnya, meningkatkan pengawasan terhadap wajib pajak, dan memberikan pelayanan yang cepat setiap wajib pajak yang ingin membayar pajak.

Kedua, mengefisiensikan belanja modal, belanja barang dan jasa, agar serapan anggaran bejalan dengan baik.

Ketiga, menuntaskan persoalan rendahnya kualitas hidup manusia, sebab angka rata-rata lama sekolah Kabupaten Sambas masih di peringkat kedua terbawah se-Kalbar. Karenanya, pembangunan sekolah berikut penunjangnya harus jadi priorotas.

Keempat, menambah tenaga kesehatan dokter spesialis di setiap rumah sakit di Kabupaten Sambas, agar pelayanan bisa lebih baik.

Kelima, konsisten mepertahankan capaian kerja yang sudah baik, dan melakukan percepatan program hibah jalan daerah, agar pembangunan lebih mudah dilakukan.

Selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Sambas juga diingatkan selektif memilik pihak-pihak pelaksana pembangunan.

Keenam, meningkatkan produksi pangan dengan fokusk melaksanakanak program One Village One Product di setiap desa.

Ketujuh, membuat kebikanan yang strategis untuk penyelenggaraan tenaga kerja. Angar perusahaan bisa menyerap potensi angkatan kerja yang ada.

Kedepalan, Bupati perlu mempertahankan capaian kinerja dan terus membangun jaringan untuk percepatan peningkatan kapasitas jalan disertai manajemen transportasi terpadu.

Kesembilan, Bupati diharapkan membangun sarana dan pra sarana gedung olahraga yang representatif sebagai upaya menciptakan altet unggul, dan serius mengelola potensi wisata yang ada.

Bupati Sambas, Satono menyambut baik rekomendasi yang telah disampaikan DPRD Kabupaten Sambas. Baginya, catatan ini sangat penting, untuk mewujudkan Sambas Berkemajuan.

“Saya juga mengapresiasi kinerja Pansus yang telah membedah LKPJ tahun anggaran 2023, yang telah menghasilkan rekomendasi yang sangat penting,” katanya.

Ia pun menegaskan, siap menindaklanjuti sembilan rekomendasi yang telah disampaikan tim Pansus, untuk percepatan pembangunan Sambas.

“Saran dan masukan kritikan ini merupakan bahan yang sangat berharga yang akan kita tindaklanjuti sebagai referensi penyelenggaraan pemerintahan di tahun-tahun ke depan,” ucapnya.

Ia pun berharap, kemitraan Pemerintah Kabupaten Samas dengan DPRD Kabupaten Sambas terus terjalin dengan baik, untuk mewujudkan pemerintahan yang kuat. (Nia)***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : -

Leave a comment