Peringati Hari Otonomi Daerah ke-28 Tahun, Ferry Madagaskar Harap Pemkab Sambas Terus Berinovasi

25 April 2024 15:19 WIB
IlustrasSekda Sambas, Ferry Madagaskar memimpin upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28, di Halaman Kantor Bupati Sambas, Kamis (25/4/2024). (Istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com - Sekda Kabupaten Sambas, Ferry Madagaskar memimpin upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 tahun, di Halaman Kantor Bupati Sambas, Kamis (25/4/2024).

Peringatan Otonomi Daerah kali ini mengusung tema: “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat.”

Ferry Madagaskar mengatakan, perlu melakukan refleksi untuk kembali memahami esensi filosofis dari peran otonomi daerah yang saat ini genap berusia 28 tahun.

Ia pun menjelaskan, tujuan dilaksanakannya otonomi daerah, sejatinya daerah bisa benar-benar mandiri, dari sisi fiscal, dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang ada dan dimanfaatkan untuk kesjahteraan rakyat.

“Otonomi daearh diharapkan memapu percepatan dan pemerataan pembangunan di daerah,” katanya.

Menurutnya, sebagian tujuan otonomi daerah, telah dirasakan manfaatnya. Derah lebih mudah berinovasi dalam merencanakan pembangunan-pembangunan berbasis kerakyatan.

“Kita sudah bisa meningkatkan IPM, PAD terus bertampah, dan kemampuan fiskal daerah, juga semakin kokoh,” katanya.

Namun demikian, semangat otonomi daerah harus terus digerakkan agar, daerah benar-benar dan dapat menyejahterakan masyarakat.

Untuk mencapai tujuan itu, maka perlu inovasi dan kreatifitas seluruh pihak. Sebab, membangun daerah tak bisa dilakukan oleh pemerintah sendiri. Tapi perlu kerja sama berbagai stakeholder. Termasuk masyarakat.

Upacara peringatan Otonomi Daerah ke-28 di halaman kantor Bupati Sambas, turut diikuti, unusr forkopimda dan segenap ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sambas. (Nia)***

Leave a comment