Ratusan Anak-Anak PAUD dan TK Lakukan Parade Dengan Baju Adat Peringati Hari Kartini

23 April 2024 21:52 WIB
Ratusan anak-anak usia dini peserta didik dari 21 PAUD dan TK di Kecamatan Kapuas melakukan parade keliling sekitaran pusat Kabupaten Sanggau menggunakan baju adat khas nusantara dan baju profesi

SANGGAU, insidepontianak.com -- Ratusan anak-anak usia dini peserta didik dari 21 PAUD dan TK di Kecamatan Kapuas melakukan parade keliling sekitaran pusat Kabupaten Sanggau menggunakan baju adat khas nusantara dan baju profesi pada Selasa (23/4/2024) pagi.

Dimotori oleh Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kab. Sanggau kegiatan karnaval baju adat dan profesi dilakukan dalam rangka memperingati hari Kartini tahun 2024.

Ketua IGTKI Kab. Sanggau Sri Istini menyampaikan, total 583 anak-anak peserta didik dari 21 lembaga sekolah PAUD dan TK didampingi orang tua/wali masing-masing terlibat dalam kegiatan tersebut.

Dikatakannya, kegiatan ini bertujuan menumbuhkan semangat nasionalisme sedari dini serta memperkenalkan sosok RA. Kartini Pahlawan Nasional dan memberikan pengalaman positif sepanjang usia perkembangan anak.

"Mudah-mudahan melalui kegiatan dapat menumbuhkan semangat nasionalisme peserta didik," kata Sri Istini di halaman kantor Bupati Sanggau yang jadi garis finis karnaval.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sanggau Robertus Sunihadi menambahkan kegiatan ini memiliki arti cinta tanah air yang harus ditanamkan kepada anak-anak. Menghargai sesama, orangtua dan juga para pahlawan bangsa.

Robertus Sunihadi mengungkapkan, Pemerintah Daerah (Pemda) memiliki komitmen untuk pengembangan pendidikan anak-anak di Kab. Sanggau. Berbagai program dan inovasi terus dilakukan untuk memacu kemajuan pendidikan, terkhusus anak-anak usia dini.

Lanjutnya, Pemda juga sangat mendukung semua stakeholder yang memiliki kepedulian untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan peserta didik di Kab. Sanggau. 

"Tentu kita sangat support kegiatan seperti ini untuk memberikan edukasi bagi anak-anak kita," tutupnya. (ans)

Leave a comment