Satarudin Harap Partisipasi Masyarakat Makin Meningkat di Pilwako Pontianak 2024

23 April 2024 19:38 WIB
Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin. (Dok IP)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin mengapresiasi jalannya pesta demokrasi Pemilu 2024 di Kota Pontianak.

Namun, dia menyoroti terkait tingkat partisipasi masyarakat yang masih rendah. KPU mencatat tingkat partisipasi masyarakat tak mengalami peningkatan di Pemilu 2024. Partisipasi masyarakat berada di angka 81 persen.

"Yang perlu jadi catatan adalah angka partisipasi masyarakat," kata Satarudin, Selasa (23/4/2024).

Menurutnya, angka partisipasi di Pemilu 2024 kurang lebih sama dengan Pemilu 2019. Ke depan dia berharap, KPU Kota Pontianak lebih gencar lagi melakukan sosialisasi untuk Pilwako Pontianak yang akan dihelat November nanti.

Legislator PDI Perjuangan itu pun menegaskan, partisipasi menjadi penting supaya hasil Pemilu benar-benar mendapat legitimasi rakyat.

Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi, tak lepas dari peran KPU sejauh mana mengedukasi para pemilih agar memberikan hak suaranya.

Karena itu, dia berharap KPU terus memberikan edukasi dan menyosialisasikan pentingnya menggunakan hak konstitusionalnya sebagai warga negara.

"Dengan begitu kita harapkan tingkat partisipasi masyarakat semakin meningkat. Apalagi sebenar lagi kita akan menggelar Pilwako," pungkasnya.(Andi)***

Leave a comment