Yandi Minta Pemkot Pontianak Maksimalkan Serapan Anggaran

23 April 2024 15:26 WIB
Anggota DPRD Kota Pontianak, Yandi. (Dok IP)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Anggota DPRD Kota Pontianak Komisi III, Yandi berharap serapan anggaran Pemerintah Kota Pontianak tahun 2024 dapat lebih maksimal.

Sebab, di tahun 2023, Sisa Lebih Anggaran atau SILPA Pemerintah Kota Pontianak, cukup besar. Tercatat ada Rp23 miliar.

"Tentu kita berharap serapan anggaran di tahun ini bisa lebih maksimal. Pj Wali Kota Pontianak kita harapkan terus memacu jajaran, agar serapan anggaran benar-benar maksimal," Yandi, Selasa (23/4/2024).

Yandi menyebut, terjadinya SILPA menunjukkan ada perencanaan yang tak cermat dilakukan Pemerintah. Alhasil, program tak dapat terserap dengan baik.

Karena itu, dia berharap dinas terkait cermat dalam menyusun perencanaan anggaran. Agar SILPA tidak besar seperti tahun lalu.

"Lebih baik anggaran yang tak terpakai ini digunakan untuk kegiatan prioritas yang dibutuhkan masyarakat Kota Pontianak," katanya.

Dia pun berharap, dinas terkait melakukan percepatan serapan anggaran. Tujuanya agar pembangunan maksimal dan dampaknya dirasakan langsung oleh masyarakat.

Sementara itu, Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofyan memastikan, percepatan serapan anggaran terus dilakukan dengan mendorong belanja-belanja yang tak membutuhkan administrasi kontrak.

"Yang sifatnya belanja modal kita sudah mendorong agar melakukan kontrak perencanaan dan pengawasan," terangnya.

Ia berharap serapan anggaran di tahun 2024 dapat optimal sehingga tak meninggalkan SILPA yang besar. (Andi)***

Leave a comment