TPA Kota Putussibau Menumpuk di Tepi Jalan Lintas Batas Negara, Bikin Kumuh dan Ganggu Lalu Lintas

17 April 2024 06:51 WIB
Sampah menumpuk di badan Jalan Lintas Utara, Desa Sibau Hulu. (Istimewa)

KAPUAS HULU, insidepontianak.com – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Kota Putusibau yang terletak di Jalan Lintas Utara, Desa Sibau Hulu kondisinya sangat memprihatinkan. 

Pasalnya, karena kapasitas tempat sampah yang tidak memadai, membuat setiap harinya banyak sampah yang dibuang di TPA tersebut.

TPA sampai meluber atau masuk ke badan jalan dengan bau yang menyengat. Sehingga menganggu banyak pengguna jalan. 

Sampah ini pun sangat mengganggu, membahayakan dan menjadi pemicu sumber penyakit bagi pengguna jalan. 

Terutama, banyak anak-anak sekolah dari wilayah Sibau dan desa sekitar yang mengeluh.

"Karena, sampah-sampah tersebut sampai tumpah memenuhi setengah ruas jalan raya setiap paginya,” ucap Agus, warga Sibau. 

Sebagai informasi, Jalan Lintas Utara, Desa Sibau Hulu yang hanya berjarak 10 kilometer dari pusat kota. 

Juga hanya berjarak 1 kilometer dari markas Batalyon Infanteri 644/Walet Sakti. Jalan ini menjadi akses keluar dan masuk transportasi lintas batas negara Indonesia-Malaysia. 

Dalam sebulan terakhir, terutama ketika sampah menumpuk kerap mengganggu kelancara lalu lintas pengguna jalan, akibat sampah yang meluber sampai ke bahu jalan. 

“Saya perhatikan, ketika sampah menumpuk cukup banyak kendaraan roda dua yang jatuh ketika melintasi TPA tersebut," ucap Agus. 

"Semogalah, Pemkab Kapuas Hulu bisa segera bertindak untuk bisa menertibkan TPA ini, sehingga persoalan keluhan sampah ini bisa segera diatasi,” harapnya. 

Untuk mengatasi persoalan sampah, para pengguna jalan dan masyarakat setempat pun berharap agar Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu bisa segera mengambil sikap, dan bertindak tegas dalam mengatasi permasalahan sampah tersebut.

“Salah satu solusi yang harus ditawarkan ke Pemkab Kapuas Hulu, yaitu memindahkan lokasi tempat pembuangan akhir yang tentunya mempertimbangkan aspek lingkungan dan sosial masyarakat,” jelasnya. 

Dia berharap pemerintah daerah setempat bisa menjadi lokasi TPA yang lebih layak dan representatif.

Sehingga, bisa mengatasi persoalan sampah yang menjadi keluhan para pengguna jalan, khusunya bagi warga sekitar Jalan Lintas Utara, Desa Sibau Hulu.***

Leave a comment