Curah Hujan Tinggi, Komisi V DPRD Kalbar Ingatkan Pemprov Antisipasi Kasus DBD

15 April 2024 08:39 WIB
Anggota DPRD Kalbar, Heri Mustamin. (Dok IP)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ketua Komisi V DPRD Kalbar, Heri Mustamin mengingatkan, Pemprov Kalbar mengantisipasi kasus demam berdarah dengue atau DBD. 

Sebab, Kalbar saat ini mulai memasuki musim penghujan. Heri mengatakan, perlu upaya bersama dengan masyarakat mengantisipasi kasus DBD. 

Salah satunya dengan memberantas sarang nyamuk yang berada di lingkungan masyarakat.  

"Kita berharap tahun ini kasus DBD dapat ditekan. Bahkan tidak terjadi seperti tahun lalu, rumah sakit penuh," kata Heri Mustamin, Senin (15/4/2024). 

Karena itu, upaya pencegahan secara bersama sama sangat diharapkan. Partisipasi masyarakat menjaga kebersihan lingkungan menjadi kunci mencegah peningkatan kasus DBD. 

Di sisi lain, pemerintah juga harus gencar melakukan fogging, untuk menekan nyamuk berkembang biak. 

Selanjutnya, Dinas Kesehatan harus memastikan ruang perawatan dan obat-obatan untuk pasien DBD tersedia di rumah sakit pemerintah dan maupun rumah sakit swasta. 

"Ketersediaan ruangan dan obat-obatan ini harus jadi perhatian," ucap Hero. 

Dan yang tak kalah penting, perangkat dinas kesehatan harus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mewaspadai peningkatan kasus DBD. 

Legislator Partai Golkar ini berpendapat, persoalan DBD sudah menjadi endemi yang muncul pada fase tertentu. Karena itu, sudah semestinya pemerintah mengantisipasi. 

"Kita berharap kasus DBD menjadi perhatian serius pemerintah," pungkasnya.(Andi)***

Leave a comment