Saling Berdamai, Ini Penyebab Tabrakan Kapal Feri KM Kubu Raya dengan Tongkang di Perairan Kubu

6 April 2024 15:54 WIB
Penumpang Kapal Feri KM Kubu Raya tujuan Teluk Batang, Kayong Utara panik usai kapal yang ditumpangi menabrak tongkang di perairan Olak-Olak Kubu, Jumat (5/4/2024). Peristiwa ini dilaporkan terjadi sekitar pukul 21.00 WIB. (Istimewa)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Kapal Feri KM Kubu Raya tujuan Teluk Batang yang nabrak tongkang di perairan Kubu, Jumat (5/4/2024) malam, dipastikan tak mengalami kerusakan berat.

Kapal pengangkut kendaraan dan orang itu, sudah sampai ke tempat tujuan. Danpos SAR Kayong Utara, Akhyar mengatakan, penyebab kecelakaan ringan itu karena miskomunikasi.

Antara kapal feri dan tagboat yang menyeret tongkang, awalnya sudah bersepakat mengenai jalur yang diambil lewat komunikasi radio.

"Namun, karena kondisi arus, sebelah pihak mengubah kesepakatan jalur, tanpa pemberitahuan lagi. Alhasil, tabrakan tak terhindarkan," kata Akhyar, Sabtu (6/4/2024).

Ia pun memastikan, Kapal Feri KM Kubu Raya maupun pihak tongkang, telah menghidupkan lampu petunjuk untuk perjalanan malam.

Hanya saja, karena miskomunikasi dalam pemilihan jalur, membuat kecelakaan itu terjadi, dan pascakejadian, kedua belah pihak sepakat berdamai.(Fauzi)***

Leave a comment