Tabrakan Kapal Fery dan Tongkang di Olak-Olak Kubu Diduga Miskomunikasi?

6 April 2024 14:21 WIB
Ilustrasi kapal tenggelam/tabarakan (istockphoto.com)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Penyebab tabrakan kapal fery dan tagboat pembawa tongkang di perairan Olak - olak Kubu pada Jumat (5/4/2024) malam diduga miskomunimasi.

Danpos SAR Kayong Utara, Akhyar saat dikonfirmasi mengatakan, kapal fery dan tagboat awalnya sudah bersepakat soal jalur yang diambil. Namun, salah satu dari kendaraan air itu mengubah jalur. Akibatnya, tabrakan tak terhindarkan. 

"Miskomunikasi antara kapal fery dan tagboat. Saat berkomunikasi via radio, pasti ada kesepakatan jalur, biasa karena tiba-tiba kondisi arus dan lain-lain sebelah pihak merubah kesepakatan jalur. Sedangkan pihak satunya sudah tidak bisa merubah jalur karena kondisi arus," ungkap Akhyar, Sabtu (6/4/2024).

Selain itu lanjut Akhyar, setiap kapal sudah dilengkapi lampu petunjuk sebagai pertanda dalam berpapasan dan kesepakatan jalur air. 

"Di kapal sudah ada lampu petunjuk. Pasti saling mengetahui satu sama lain, apalagi posisi tagboat berjalan. Pastinya 24 jam nonstop mereka monitor," pungkas Akhyar. (Fauzi)

Leave a comment