Dewan Pontianak Zulfydar Zaidar Mochtar Harap Pemerintah Jaga Stabilitas Harga Bapok Jelang Idul Fitri

6 April 2024 13:22 WIB
Anggota DPRD Kota Pontianak, Zulfydar Zaidar Mochtar. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Anggota DPRD Kota Pontianak, Zulfydar Zaidar Mochtar meminta Pemkot Pontianak jaga stabilitas harga bahan pokok jelang Idul Fitri tahun 2024.

Ia berharap tak ada kenaikan harga bapok yang signifikan, di momen menyambut lebaran, karena akan memberatkan masyarakat kategori keluarga menengah ke bawah.

Zulfydar juga minta Pemkot memastikan pasokan kebutuhan pokok aman. Sebab, saat Idul Fitri dipastikan permintaan bakal meningkat.

"Kekosongan kebutuhan pokok ini juga berpengaruh pada harga. Kalau stok terbatas harga akan naik," katanya, Sabtu (6/4/2024).

Menurut legislator PAN ini, saat ini harga bahan pokok utamanya beras cukup reralif stabil. Kondisi ini harus terus dijaga. Caranya operasi pasar harus terus digencarkan.

Zulfydar bilang, jauh hari pihaknya telah mengingatkan pemerintah menjaga pasokan kebutuhan pokok, agar tak terjadi kelangkaan dan stabilitas harga bisa dijamin.

Bahkan, tiap bulan, ia menyarankan agar Harga Eceran Tertinggi atau HET untuk sembilan harga kebutuhan pokok diumumkan, agar tak dijual melebihi harga yang ditetapkan.

"Distributor, agen, dan pengecer harus dipantau dengan baik, dan harga sembilan kebutuhan pokok diumumkan," ucapnya.

Namun demikian, ia yakin Pemkot terus memantau pergerakan harga pasar. Dan pasti akan ada langkah-langkah pengendalian harga jika terdapat kenaikan. (Andi)***

Leave a comment